Posted by Dokter Mobil AC, Masalah AC Mobil Tidak Dingin

10 Faktor Yang Menyebabkan AC Mobil Tidak Dingin Serta Solusinya

Kebiasaan buruk di dalam mobil adalah hal utama yang menyebabkan AC mobil tidak dingin lagi. Lantas bagaimana memperbaikinya? Berikut ini solusi yang bisa anda coba.

Namun sebelum anda mencari solusi, alangkah lebih baik untuk mengetahui apa penyebab masalah ini. Dengan mengetahui faktor penyebab, anda akan lebih mudah untuk:

  • menentukan solusi apa yang tepat untuk AC mobil anda
  • estimasi biaya
  • dan langkah yang perlu dilakukan untuk mencegah masalah ini (kembali) menimpa mobil anda.

Faktor Yang Menyebabkan AC Mobil Tidak Dingin

Ada begitu banyak penyebab masalah ini. Adapun beberapa hal yang menjadi penyebab AC mobil menjadi tidak dingin antara lain adalah:

Masalah pada Freon AC Mobil

Freon adalah sumber utama pendinginan AC mobil. Ada beberapa masalah pada freon yang bisa menjadi penyebab AC mobil tidak dingin. Beberapa masalah tersebut di antaranya:

  • Kurang atau Habisnya Freon AC Mobil

    Pada dasarnya freon tidak akan berkurang atau habis. Namun kebocoran dapat menyebabkan munculnya masalah ini. Kebocoran ini harus ditambal sebelum mengisi ulang freon. Percuma saja mengisi ulang freon AC mobil jika saluran AC mobil bocor.

  • Penyumbatan Saluran Freon AC Mobil

    Penyumbatan menyebabkan freon tidak dapat mengalir. Akibatnya kondensor kekurangan freon untuk mendinginkan udara yang masuk. Penyumbatan terjadi karena beberapa sebab, seperti ada kotoran yang masuk saluran AC mobil. Ataupun karena adanya frosting.

    Frosting adalah kasus di mana freon AC mobil membeku sehingga menyumbat aliran cairan freon lainnya.

  • Hilangnya Kualitas Freon AC Mobil

    Kualitas freon AC mobil sangat mempengaruhi kualitas pendinginan AC. Jika kemampuan pendinginan freon ini hilang, maka udara dari kondensor tidak akan pernah menjadi dingin.

    Ada beberapa alasan kualitas freon bisa hilang. Beberapa sebab di antaranya adalah freon tercemar kotoran, atau freon terlalu sering kena panas.

Rusaknya Beberapa Part AC Mobil

Kerusakan part juga dapat menjadi hal yang menyebabkan AC mobil tidak dingin. Ada banyak sekali part yang ketika rusak maka AC mobil menjadi tidak dingin.

Adapun beberapa part tersebut adalah:

  • Magnetic Clutch
  • V Belt AC mobil
  • Kipas AC mobil
  • Kompresor AC mobil
  • Kondensor AC mobil
  • Dan berbagai komponen lainnya di AC mobil.

Kerusakan part-part tersebut harus segera diatasi. Baik itu diperbaiki, maupun diganti dengan yang baru. Jangan sampai kerusakan sebuah part membebani komponen lainnya, sehingga usia part lain menjadi lebih pendek.

Evaporator AC Mobil Kotor

AC mobil anda mungkin menghasilkan udara dingin. Namun karena evaporator kotor, udara dingin harus melalui kotoran-kotoran di evaporator. Akibatnya, udara dingin tersebut terserap oleh kotoran di evaporator. Akhirnya, udara AC mobil menjadi tidak dingin.

Nah, untuk mengatasi hal ini, cara terbaik adalah dengan melakukan cuci AC mobil dan cuci evaporator.

Demikianlah beberapa faktor yang menyebabkan AC mobil tidak dingin. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah membaca.

Tags:

About Author