Posted by Dokter Mobil AC, Masalah AC Mobil Tidak Dingin

5 Faktor Utama Penyebab Yang Membuat AC Mobil Tidak Dingin

 Ada beberapa faktor yang membuat AC mobil tidak dingin sehingga mengganggu kenyamanan anda berkendara. Apa saja faktor tersebut? Artikel berikut akan menjawabnya untuk anda.

Setidaknya ada 5 faktor utama yang menyebabkan munculnya masalah AC mobil tidak dingin. Dan semua faktor penyebab ini harus diatasi dengan segera. Mengapa? Karena:

  • Jika dibiarkan, maka kenyamanan anda berkendara semakin bermasalah
  • Dapat merusak komponen lain pada mobil anda
  • Meningkatnya resiko mobil mogok, terbakar, dan resiko kecelakaan lainnya

Nah dengan mengetahui faktor yang membuat AC mobil tidak dingin, anda dapat lebih mudah mencari solusi mengatasi hal tersebut. Dan dapat mencegah kembalinya masalah ini.

Faktor Utama yang Membuat AC Mobil Tidak Dingin

Sebenarnya, sangat banyak faktor penyebab munculnya masalah AC mobil tidak dingin ini. Namun sebenarnya, faktor tersebut merupakan turunan dari 5 hal berikut ini:

  • Kebocoran Saluran Freon AC Mobil

    Tidak dinginnya AC mobil anda kemungkinan besar disebabkan oleh berkurang atau bahkan habisnya freon AC mobil. Nah pada dasarnya freon AC mobil tidak akan habis. Jadi ke mana freon itu menghilang?

    Jawabannya adalah karena terjadinya kebocoran saluran freon. Hal tersebut menyebabkan AC mobil anda kekurangan freon. Padahal freon adalah sumber pendinginan pada udara yang dihasilkan oleh kondensor AC.

  • Masalah pada Freon AC Mobil

    Selain kebocoran pada saluran AC mobil, masih ada masalah lain pada freon AC mobil anda. Masalah tersebut meliputi beberapa hal.

    Hal pertama adalah frozing atau pembekuan. Ini adalah sebuah kasus di mana freon AC mobil membeku oleh suhu dinginnya sendiri. Pembekuan ini menyumbat saluran freon AC mobil sehingga aliran freon tidak bisa menuju kondensor AC mobil.

    Hal kedua adalah masalah hilangnya kemampuan pendinginan freon AC mobil. Hal ini membuat AC mobil tidak dingin dengan ciri AC mobil hanya keluar angin. Hilangnya kemampuan pendinginan freon bisa disebabkan oleh freon terkena panas mesin, atau panas matahari. Bisa juga karena freon sudah kotor.

    Masalah ketiga pada freon AC mobil yang membuat AC mobil tidak dingin adalah tekanan dari kompresor AC mobil sehingga freon tidak terpompa menuju kondensor. Hal ini biasanya disebabkan oleh kurangnya oli pada kompresor AC mobil.

  • AC Mobil Kotor

    Kotornya AC mobil juga menjadi salah satu alasan AC mobil menjadi tidak dingin. Hal ini terjadi karena udara dingin yang dihasilkan oleh AC mobil terhalang oleh debu dan kotoran di evaporator AC mobil. Untuk mengatasi hal ini, cuci AC menjadi solusi.

    Masalah AC mobil kotor ini tidak boleh dianggap sepele. Mengapa? Karena tidak hanya menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin, namun juga dapat menyebabkan gangguan penyakit, dan bau sepanjang perjalanan.

  • Kerusakan pada Part Mobil Khususnya Part AC Mobil

    Ada beberapa part AC mobil yang ketika bermasalah akan menimbulkan gejala AC mobil menjadi tidak dingin. Adapun beberapa part tersebut antara lain adalah magnetic clutch, fan belt AC mobil, kipas AC mobil, kompresor AC mobil, dan berbagai komponen lainnya.

    Kerusakan part ini biasanya diawali dengan gejala AC mobil yang perlahan mulai tidak dingin. Oleh sebab itu, ketika merasa mulai ada gejala AC mobil tidak dingin seperti sebelumnya, segera lakukan pengecheckan. Jangan sampai kerusakan menjadi semakin parah.

  • Kelistrikan Mobil yang Tak Stabil

    Bagaimanapun juga kompresor AC mobil bergerak oleh kelistrikan mobil. Jika kelistrikan mobil bermasalah, maka pasokan tenaga untuk memutar kompresor pun akan berkurang. Akibatnya, putaran kompresor tidak sesuai untuk memenuhi kebutuhan. Hal inilah yang menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin.

    Ada beberapa alasan mengapa kelistrikan mobil anda tidak stabil. Salah satunya adalah karena kabel-kabel kelistrikan mobil ada yang korsleting, busi bermasalah, ataupun aki mobil sudah tidak kuat.

Itulah beberapa penyebab AC mobil anda menjadi tidak atau kurang dingin. Dengan artikel ini, semoga anda semakin tahu cara mengatasi hal-hal yang membuat AC mobil tidak dingin. Terimakasih sudah membaca.

Tags:

About Author