Posted by Dokter Mobil Uncategorized

Hal yang Menyebabkan V Belt AC Mobil Bunyi dan Solusinya

Memperbaiki masalah v belt AC mobil bunyi harus dilakukan dengan segera. Karena penundaan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar.

Namun untuk memperbaiki masalah pada v belt AC mobil yang mengeluarkan bunyi tidaklah mudah. Anda perlu terlebih dahulu mencari penyebab masalah. Tujuannya agar kita lebih mudah untuk:

  • menentukan solusi mengatasi masalah
  • menentukan biaya yang kira-kira akan diperlukan
  • memiliki cara untuk mencegah kembalinya masalah ini.

Nah, tanpa berlama-lama, sebenarnya apa penyebab masalah ini?

Penyebab V Belt AC Mobil Bunyi

Ada cukup banyak penyebab bunyi di fan belt ataupun v belt AC mobil. Adapun beberapa penyebab tersebut antara lain adalah:

  1. Keringnya V Belt AC Mobil

    Karena terlalu kering, V belt dapat menghasilkan bunyi decit yang cukup mengganggu. Jika dibiarkan, dapat menyebabkan gesekan terus menerus dan menjadikan v belt semakin tipis, terbakar, atau putus.

  2. Ukuran V Belt AC Mobil yang Tidak Sesuai dengan Ukuran Jarak Pully

    V belt harus memiliki panjang yang pass dengan jarak pully. Jika v belt terlalu besar, fan belt bisa slip dan macet. Dan hal ini akan menimbulkan bunyi.

    Sementara itu, v belt yang kekecilan juga dapat meningkatkan gesekan sehingga timbul bunyi. Jika dibiarkan, mesin dapat terbakar karena terciptanya bunga api.

Bagaimanapun juga, masalah ini harus diselesaikan dengan segera. Oleh sebab itu, anda perlu tahu solusi untuk masalah ini. Dan tahu harus melakukan apa agar masalah yang sama tak muncul kembali.

Mengatasi Fan Belt AC Mobil yang Mengeluarkan Bunyi Berisik

Ada beberapa solusi yang biasa dilakukan. Namun hanya ada beberapa solusi yang terbukti efektif dan berhasil. Adapun beberapa solusi tersebut antara lain adalah:

  • Ganti V Belt AC Mobil

    Merupakan solusi paling simpel namun memang efektif. Dalam penggantian V belt AC mobil, anda harus memperhatikan ukuran yang pass untuk mobil anda. Jangan sampai masalah salah ukuran kembali menimpa anda.

  • Berikan Pelumas pada V Belt AC Mobil

    Kemungkinan besar penyebab V belt AC mobil bunyi adalah adanya kekeringan pada V belt. Oleh sebab itu, pemberian pelumas dapat menjadi solusi yang tepat.

Demikianlah beberapa solusi yang bisa kami berikan untuk anda. Semoga artikel yang membahas penyebab V belt AC mobil bunyi dapat diselesaikan dengan sempurna untuk kenyamanan anda.

Tags:

About Author