Posted by Dokter Mobil AC, Masalah AC Mobil Tidak Dingin

Penyebab Ketika Udara Panas AC Mobil Tidak Dingin serta Solusinya

Mengalami kondisi di mana saat udara panas AC mobil tidak dingin tentu menyebalkan. Nah, agar perjalanan anda nyaman, masalah ini harus diatasi. Dan harus dilakukan dengan segera.

Mengapa harus dilakukan dengan segera? Karena lambat menyelesaikan masalah ini, beberapa masalah lebih serius bisa terjadi. Di antaranya adalah:

  1. Beberapa part menjadi lebih cepat rusak
  2. AC mobil bisa semakin rusak dan tak dapat diservice lagi
  3. Kebakaran pada mobil
  4. Dan masalah-masalah serius lainnya.

Nah untuk menyelesaikan masalah di mana AC mobil tidak dingin ketika udara panas (misalnya di siang hari), anda perlu terlebih dahulu mencari penyebab munculnya masalah ini. Dengan mengetahui penyebab masalah, akan lebih mudah untuk:

  • Menentukan solusi terbaik untuk AC mobil anda
  • Mengestimasi biaya yang diperlukan
  • Mengetahui cara mencegah kembalinya masalah ini.

Jadi apakah penyebab masalah ini? Dan bagaimana cara menyelesaikan masalah ini tanpa biaya yang membengkak? Silahkan membaca artikel berikut ini.

Penyebab Ketika Udara Panas AC Mobil Tidak Dingin

Setidaknya ada 5 faktor utama yang menjadi penyebab AC mobil menjadi tidak dingin ketika kondisi cuaca sedang panas. Adapun faktor penyebab tersebut antara lain adalah:

  • Freon yang Lemah Terkena Panas

    Pendinginan pada AC mobil sangat bergantung pada freon AC mobil. Namun kualitas freon dapat berkurang atau hilang karena beberapa kejadian. Salah satu kejadian tersebut adalah karena freon terkena panas sehingga kehilangan kualitas pendinginan.

    Panas yang menyerang freon AC mobil ini bisa muncul dari mana saja. Misalnya kondensor AC mobil yang panas terkena terik matahari. Selang freon yang terpapar panas. Ataupun karena kap mesin terlalu panas.

  • Mesin dan Kompresor AC Mobil Overheating Ketika Terkena Terik Matahari

    Terik matahari dapat memicu meningkatnya kemungkinan overheating pada mesin mobil dan mesin kompresor. Overheating ini menyebabkan menurunnya kualitas performa pendinginan AC mobil.

Sebenarnya ada beberapa lagi penyebab munculnya masalah pada AC mobil anda. Namun hanya 2 itu lah yang kerap menjadi sumber masalah utama. Lantas apa solusi untuk mengatasi masalah ini?

Solusi Mengatasi AC Mobil yang Tidak Dingin Ketika Kondisi Udara/Cuaca Sedang Panas

Menunda perbaikan dapat menyebabkan anda berlama-lama dalam kondisi berkendara yang tidak nyaman. Setidaknya ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan. Adapun solusi tersebut bisa dibagi menjadi 3, yaitu:

  1. Ganti Freon AC Mobil

    Freon AC mobil anda mungkin kualitasnya sudah tidak bagus lagi. Oleh sebab itu, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti freon dengan yang lebih berkualitas dan tahan lama.

    Nah, agar kualitas freon tetap terjaga, ada beberapa hal yang harus anda hindari. Di antaranya merokok di dalam mobil, makan dan minum di dalam mobil, dan menggunakan spray cologne di dalam mobil. Selain itu, lakukan flushing AC mobil secara berkala juga sama pentingnya.

  2. Atasi Overheating pada Mesin Mobil dan Mesin Kompressor

    Masalah overheating merupakan masalah serius. Ada beberapa penyebab overheating, seperti kekurangan oli kompresor, oli yang kualitasnya sudah habis, ataupun part mesin yang rusak.

    Untuk menyelesaikan masalah ini, sebaiknya lakukan pengecheckan secara mendetail pada mesin mobil dan mesin kompresor anda.

  3. Selubungi Saluran Freon AC Mobil dengan Selubung

    Sebaik apapun kualitas freon AC mobil, panas berlebihan dapat merusak kualitas pendinginan freon AC mobil. Oleh sebab itu, menyelubungi saluran freon sangatlah penting. Dengan demikian panas terik matahari, ataupun panas mesin tidak kena ke freon AC mobil.

Itulah beberapa solusi menghadapi masalah di mana ketika udara panas AC mobil tidak dingin. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca.

Tags:

About Author