Posted by admin Uncategorized

Tips dan Trik Agar AC Mobil Dingin

Tips dan Trik Agar AC Mobil Dingin – AC atau Air Conditioner mobil nampaknya bukan menjadi barang yang mewah lagi. Bahkan, saat ini penggunaan AC mobil dingin sudah seperti barang yang biasa dan wajib, terutama untuk menghadapi perubahan musim panas yang ektrim seperti di Indonesia. Oleh karena itu, penjagaan mesin AC mobil agar tetap dingin sebaiknya selalu dilakukan oleh pemilik mobil. Beberapa masalah yang sering terjadi berkaitan dengan kerusakan yang terjadi terhadap AC Mobil harusnya juga dipahami oleh pemilik mobil, karena tindak lanjut penanganannya akan sangat berpengaruh terhadap AC mobil milik anda.  Hal ini tentu saja tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang atau sembarang bengkel. Karena apabila salah dalam memperbaiki, justru akan membuat AC anda rusak dan menjadi tidak dingin. Selain itu, uang yang akan anda keluarkan tentu saja menjadi berkali-lipat karena anda harus kembali memperbaiki mesin AC atau bahkan mengganti AC mobil anda dengan AC Mobil yang baru.

Beberapa hal bisa membuat AC anda menjadi dingin atau mati. Diantaranya adalah terlalu tingginya tekanan udara yang panas pada AC, karena tekanan udara yang panas ini jelas akan membuat AC bekerja lebih daripada biasanya, sehingga freon yang digunakan akan semakin banyak. Tekanan tinggi dalam mesin mobil bisa berasal dari penggunaan freon yang tidak sesuai dan dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin. Evaporator atau alat yang memiliki fungsi untuk menyalurkan dingin menuju ke kabin mobil dari pengembunan freon.

Evaporator sendiri memiliki banyak mesin di dalamnya, diantaranya adalah pengatur suhu, kipas dan koil pendingin.  Di dalam mesin AC, juga terdapat banyak kabel yang berfungsi untuk mendukung kinerja dari AC Mobil. Putusnya fan belt dan field coil juga bisa menjadi alasan AC mobil dingin menjadi tidak berfungsi atau mati total. Anda juga perlu memperhatikan kebersihan dalam mobil anda, karena terlalu banyak debu dalam mobil yang dapat terserap oleh AC mobil, bisa membuat AC mobil anda menjadi kotor, berdebu bahkan berkarat. Selain itu, freon yang habis atau berkurang secara drastis karena kebocoran juga dapat menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin.

Merawat AC Mobil

Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam menangani masalah pada AC mobil dingin adalah dengan melakukan pengecekan rutin terhadap mesin, karena mesin-mesin inilah yang menjadi daya dukung dalam menciptakan suasana yang nyaman di dalam mobil. Selalu periksa ketersediaan freon dalam mesin mobil anda. Jangan lupa untuk memastikan adakah kebocoran yang terjadi pada mesin, dan gunakanlah freon yang sesuai.

Anda harus menjaga kebersihan dalam mobil, bersihkan mobil paling tidak sekali dalam satu minggu untuk menjaga agar tidak debu tidak menumpuk di mobil. Jika anda sedang melakukan perjalaan dalam jarak jauh, usahakan agar tidak selalu menghidupkan AC Mobil. Batasi penggunaan AC dalam mobil, jika perlu matikan AC untuk sementara supaya AC tidak bekerja terlalu keras dan mempercepat kerusakan.

Untuk menghindari kerusakan yang parah pada AC mobil anda, bengkel atau tempat untuk Merawat AC Mobil anda juga sebaiknya dipilih dengan baik. Salah satu bengkel mobil yang sudah diakui dalam menangani AC mobil dingin dan memiliki banyak pelanggan setia adalah Dokter Mobil. Bengkel satu ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan bengkel yang lain diantaranya mampu memperbaiki AC mobil tanpa perlu melakukan pembongkaran dan waktu service yang relatif singkat hanya satu jam. Jadi, rawatlah AC mobilmu di Dokter Mobil!

Dokter Mobil
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Tags:

About Author