Posted by Dokter Mobil AC, Masalah AC Mobil Tidak Dingin

Penyebab Fan Belt atau Tali Kipas AC Mobil Bunyi dan Solusinya

Kasus di mana tali kipas AC mobil bunyi merupakan hal yang sering terjadi. Ada beberapa penyebab masalah ini muncul. Nah apa solusinya? Dan bagaimana mencegah masalah ini kembali muncul?

Penyebab Tali Kipas AC Mobil Bunyi

Ada beberapa alasan mengapa tali kipas AC mobil mengeluarkan bunyi yang cukup mengganggu. Beberapa alasan atau penyebabnya adalah:

  1. Tali Kipas Terlalu Ketat/Kekecilan

    Tali yang kekecilan dapat menjadi sebab munculnya bunyi dari tali kipas atau fan belt AC mobil anda. Gejala yang muncul adalah adanya bunyi seperti berdecit. Jika dibiarkan, tali kipas bisa putus atau terbakar.

  2. Tali Kipas Ukurannya Longgar

    Selain karena kekecilan, ukuran yang longgar juga dapat menimbulkan bunyi. Dan setelah dibiarkan, tali kipas bisa copot.

  3. Fan Belt dan Pulley Kering

    Keringnya fan belt juga akan menghasilkan bunyi decit yang cukup mengganggu. Nah untuk mengatasi hal ini, biasanya dilakukan dengan cara memberikan pelumas khusus. Jangan menggunakan air biasa karena sifat pelumasannya hanya sementara. Setelah itu, akan kembali kering. Bahkan lebih kesat daripada sebelumnya.

  4. Ada Gangguan dari Part Lain

    Putaran fan belt AC mobil seharusnya berputar dengan lancar tanpa halangan. Namun jika ada benda asing yang kena dengan putaran fan belt AC mobil, maka ada bunyi yang keluar. Itulah penyebab tali kipas AC mobil bunyi yang terakhir.

Nah, apa solusi untuk masalah ini? Apakah cukup dengan mengganti tali kipas AC mobil. Tidak! Ada langkah-langkah penanganan yang perlu kamu lakukan.

Solusi Mengatasi Fan Belt AC Mobil yang Bunyi Berisik

Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa melakukan penggantian fan belt AC mobil. Namun pastikan untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini, yaitu:

  • Ukuran fan belt sesuai dengan jarak dan ukuran pulley kompressor AC mobil
  • Gunakan pelumas untuk memastikan pulley dan tali kipas tidak terlalu kesat
  • Perhatikan ada tidaknya halangan yang mempengaruhi putaran tali kipas AC mobil.

Dengan cara ini, seharusnya fan belt AC mobil anda tidak lagi berbunyi (khususnya bunyi decit). Namun jika bunyi-bunyian masih muncul di sekitar kompresor AC mobil, maka kemungkinan besar masalahnya bukan dari kipas AC mobil. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penanganan mendalam untuk masalah ini. Bawa ke bengkel AC mobil terpercaya.

Itulah beberapa solusi mengatasi tali kipas AC mobil bunyi berisik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Tags:

About Author