Posted by Dokter Mobil AC, Masalah AC Mobil Bunyi

Solusi Mengatasi Penyebab Suara Kompresor AC Mobil Berisik

Adanya kerusakan beberapa komponen menjadi salah satu penyebab suara kompresor AC mobil berisik. Bagaimana mengatasi masalah ini? Berikut ini artikel yang semoga dapat membantu anda menemukan solusinya.

Namun tidak mudah menemukan solusi untuk masalah ini. Kecuali anda menemukan penyebab masalahnya terlebih dahulu. Dengan menemukan penyebab masalah, anda juga akan mendapatkan:

  • Estimasi biaya perbaikan
  • Cara mencegah kembalinya masalah ini

Tanpa berlama-lama, silahkan membaca artikel berikut ini.

Penyebab Utama Suara Kompresor AC Mobil Berisik Ketika Menyala

Ada banyak sekali penyebab timbulnya masalah ini. Dan beberapa bahkan harus ditangani segera karena membahayakan.

Adapun beberapa penyebab suara kompresor AC mobil berbunyi berisik antara lain adalah:

  • Kurangnya Oli Kompresor

    Dengan kurangnya volume ataupun kualitas oli kompresor, gesekan antar logam di dalam kompresor AC mobil akan meningkat. Dan pada akhirnya akan menyebabkan adanya bunyi yang cukup mengganggu.

    Jika masalah ini tak diatasi dengan segera, tidak hanya performa AC mobil yang turun, namun juga jebolnya kompresor AC mobil.

  • Adanya Gram Besi di Dalam Kompresor AC Mobil

    Bunyi seperti ngorok di dalam kompresor AC mobil disebabkan adanya gram besi di dalam kompresor AC mobil. Gram besi ini biasa tercipta dari gesekan antar logam. Dan lagi-lagi, gesekan sehingga terjadi gram besi disebabkan oleh oli kompresor yang tak lagi mampu melumasi kompresor AC mobil.

  • Adanya Part Dalaman Kompresor AC Mobil yang Bermasalah

    Sebab terakhir adanya bunyi kompresor AC mobil berisik adalah adanya kerusakan pada part dalaman kompresor AC mobil. Nah untuk kasus ini anda harus siap-siap. Karena bisa saja perbaikannya adalah dengan penggantian komponen kompresor AC mobil.

Setelah mengetahui hal-hal di atas, pasti sudah terbayang solusi untuk mengatasi masalah ini. Pada dasarnya, ada 3 solusi yang bisa dilakukan. Apa saja solusi tersebut?

Solusi Mengatasi Suara Kompresor AC Mobil Berisik

Tak perlu khawatir menghadapi masalah suara berisik pada kompresor AC mobil ini. Selama anda segera memperbaikinya, masalah serius tak akan terjadi.

Adapun beberapa solusi yang bisa diambil antara lain adalah:

  1. Lakukan Pengecheckan Secara Menyeluruh

    Perbaikan masalah tidak akan sempurna jika tidak dilakukan pengecheckan secara menyeluruh terlebih dahulu. Karena bisa saja masalah yang sedang anda hadapi disebabkan 2 atau lebih penyebab.

  2. Perbaiki atau Ganti Part yang Bermasalah

    Ketika penyebab masalah sudah ditemukan, dan akibat yang ditimbulkan sudah terdata, anda sudah bisa menentukan part-part apa saja yang perlu diberikan service, dan part mana yang perlu diganti.

  3. Lakukan Flushing pada AC Mobil

    Flushing merupakan salah satu langkah terbaik untuk mengatasi masalah ini. Dengan melakukan flushing, berbagai penyebab suara kompresor AC mobil berisik akan diketemukan. Diatasi, dan secara tidak langsung dibuat agar tak muncul kembali (selama rutin berkala melakukan flushing AC mobil).

  4. Lakukan Pengecheckan Apakah Masalah Sudah Teratasi

    Walaupun semua prosedur sudah dilakukan dengan sebaik-baiknya, pengetesan tetap perlu dilakukan. Cobalah perhatikan apakah masih ada suara mengganggu yang muncul.

    Jika gangguan tersebut masih muncul, langkah perbaikan wajib dilakukan dari awal. Dan mulai lakukan pengecheckan dengan lebih teliti. Karena kerusakan baru bisa saja muncul, atau ada kerusakan kecil berdampak besar yang sulit terdeteksi.

Demikianlah cara untuk mengatasi penyebab suara kompresor AC mobil  berisik yang memang sudah terbukti efektif. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Senang rasanya bisa bermanfaat untuk anda.

Tags:

About Author