Service Kompresor AC Mobil - Dokter Mobil
 
Posted by admin Uncategorized

Service Kompresor AC Mobil

Service Kompresor AC Mobil – Kompresor AC mobil merupakan salah satu komponen vital pada system pendingin kabin ini. Seperti yang diketahui, jika ada satu saja komponen yang bermasalah pada AC mobil anda maka siklus pendinginan tidak akan berjalan dengan baik bahkan dapat terhenti. Sebagai salah satu komponen yang sangat penting, maka tentunya melakukan perawatan pada kompresor AC Mobil menjadi salah satu hal yang tidak dapat disepelekan. Tentunya anda tidak mau kenyamanan pada saat anda mengemudi terganggu karena AC yang tidak berfungsi dengan baik. Apalagi pada saat anda membawanya ke bengkel untuk perbaikan, anda mendapati bahwa kompresor AC mobil anda telah rusak dan harus diganti dengan yang baru.

Kompresor AC Mobil

Sebagai specialist Ac mobil, #DokterMobil selalu memberi saran untuk melakukan service kompresor AC mobil anda secara rutin. Service tersebut tentu berguna untuk menjada kinerja serta keawetan kompresor AC mobil anda, dengan begitu anda kan mendapatkan AC yang sejuk serta mengurangi pengeluaran untuk mengganti part yang rusak. Tahukah anda bagimana indikasi awal kompresor AC mobil yang rusak? Nah berikut ini beberapa indikasi awal kompresor AC mobil bermasalah atau rusak.

  1. AC berbunyi ketika dinyalakan

Pada saat anda menghidupkan terdengar suara ngorok dari balik kap mesin. Namu ketika anda mematikan AC, suara tersebut hilang. Hal biasa terjadi akibat oli kompresor yang kurang atau bahkan habis, piston aus, trush bearing yang longggar, maupun AS yang kurang presisi.

  1. Kompresi berkurang

Kompresi berkurang maksutnya adalah AC tidak dingin ketika mobil tidak berjalan. Namun saat mulai menjalankan mobil anda, hembusan angin dari AC baru terasa dingin.

  1. Kebocoran pada kompresor

Kebocoran pada kompresor AC akan membuat gas refrigerant berkurang bahkan habis sehingga AC akan kurang dingin dan jika dibiarkan berlanjut maka udara di dalam kabin menjadi tidak dingin sama sekali. Biasanya memerlukan waktu satu hingga enam minggu hingga Freon benar – benar habis dalam kasus kompresor AC yang bocor ini.

  1. Magnetic clutch

Kasus ini biasa terjadi pada saat mobil terjebak kemacetan. Udara di dalam kabin yang semula dingin tiba – tiba berubah. Namun setelah AC dimatikan dan dinyalakan lagi kinerjanya akan normal kembali namun diiringi dengan meningkatnya RPM pada mesin.

Baca Juga : Service AC Mobil Daihatsu

Itulah sedikit pengetahuan mengenai indikasi awal kompresor AC bermasalah, namun tidak menutup kemungkinan indikasi – indikasi lain mungkin terjadi. Kebanyakan pemilik mobil menyepelekan indikasi – indikasi tersebut. Hal tersebut terjadi akibat kurangnya pengetahuan mengenai system pendingin kabin tersebut sehingga mereka cenderung cuek – cuek saja pada indikasi tersebut. Belum lagi membicarakan perawatan kompresor AC, misalnya penggantian oli kompresor AC tersebut. Tentu saja para pengemudi tersebut lebih tidak peduli lagi.

 

Di sinilah letak manfaat dari Service Kompresor AC Mobil yang dilakukan secara berkala. Dalam service ini beberapa masalah yang terjadi dapat diketahui sejak dini sehingga dapat langsung ditangani dan tidak menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Selain itu data dari service akan membantu anda dalam merawat kompresor AC khususnya waktu penggantian oli kompresor. Penggantian oli kompresor AC ini sebaiknya dilakukan setelah mobil mencapai 20.000 Km atau setelah kurun waktu satu tahun. Untuk itu pastikan anda merawat kompresor AC mobil anda dengan melakukan service secara rutin sehingga kompresor AC anda dapat bekerja secara maksimal dan tentunya membuat kompresor AC tersebut menjadi lebih awet.

Artikel Lainnya : Masalah AC Mobil Panas Dan Solusi Mengatasinya

Tags:

About Author

 
Mohon Tunggu..

Gratis !!! Dapatkan Treatment Cuci AC & Evaporator GRATIS Mobil tanpa persyaratan apapun.

Silahkan isi form di bawah ini: