Posted by Dokter Mobil AC, Masalah AC Mobil Bau Busuk

Sebab dan Solusi Mengatasi AC Mobil Bau Busuk dan Menyengat

Kebersihan adalah kunci mengatasi AC mobil bau busuk yang menyengat. Apalagi masalah ini dapat membawa penyakit bagi anda sekeluarga. Untuk itu, agar mobil tetap bersih beberapa hal tidak boleh dilakukan di dalam mobil.

Penyebab AC Mobil Bau Busuk

Pada intinya, penyebab munculnya masalah ini adalah kebersihan mobil yang tidak dijaga. Akibatnya, kotoran masuk ke dalam saluran AC mobil. Namun kadang walaupun kebersihan sudah dijaga, bau tetap saja bisa muncul.

Ada beberapa penyebab mengapa hal tersebut bisa terjadi. Beberapa penyebabnya antara lain:

  • Makan dan Minum di Dalam Mobil
    Dengan makan dan minum di dalam mobil, akan ada remah dan tumpahan cairan. Sisa makanan dan minuman tersebut dapat melayang dan masuk ke dalam saluran AC mobil.Sisa makanan yang masuk ke saluran AC lama kelamaan akan mengendap, menjadi lendir, dan menyebabkan bau busuk.
  • Kotoran Hewan
    Beberapa hewan tanpa anda sadari membawa kotoran. Entah itu urin, tinja, ataupun sampah yang dibawa ke dalam mobil. Akibatnya, bau dari kotoran tersebut masuk dan mengendap di dalam saluran AC mobil.Pada beberapa kasus, kotoran tersebut bercampur dengan freon AC mobil. Campuran kotoran tersebut menyebabkan freon menghasilkan bau yang tidak sedap.
  • Evaporator dan Filter AC Mobil yang Sudah Kotor
    Sebaik apapun anda menjaga kebersihan, evaporator dan filter AC mobil suatu saat akan bau juga. Terutama jika anda tidak secara rutin mencuci atau mengganti kedua komponen ini.
  • Bangkai Hewan
    Binatang kecil seperti tikus dan kecoa dapat menyelinap masuk ke dalam saluran AC mobil. Dan membusuk di sana. Akibatnya, masalah AC mobil bau busuk tidak dapat terhindarkan.

Jika sudah keluar bau busuk tersebut, kesehatan anda sudah menjadi taruhannya. Oleh sebab itu, menangani masalah ini dengan segera menjadi suatu hal yang wajib. Sayangnya masih banyak orang yang abai akan hal ini.

Akibat yang Ditimbulkan Oleh Masalah AC Mobil Bau Busuk

Ada beberapa masalah yang dapat muncul ketika anda membiarkan masalah ini tetap terjadi. Beberapa bahkan sangat berbahaya dan mengancam jiwa.

Adapun bahaya yang dapat muncul akibat AC mobil bau busuk adalah:

  • Gangguan pada saluran pernafasan
  • Udara mobil jadi kotor dan mengganggu konsentrasi
  • Mudah lelah selama mengemudi
  • Gangguan kulit
  • Kematian

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menyelesaikan masalah ini dengan segera. Namun penanganannya harus dilakukan dengan tepat. Seperti apakah penanganan yang tepat?

Solusi Mengatasi AC Mobil yang Mengeluarkan Bau Busuk

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa langkah yang wajib dilakukan. Walaupun dengan 1 langkah ini sudah menghilangkan masalah bau busuk ini, namun sebaiknya semua langkah penanganan ini tetap dilakukan.

Mengapa?

Hal ini untuk memastikan bau busuk dan bakteri yang ada benar-benar 100% dihilangkan. Adapun langkahnya adalah dengan:

  1. Flushing AC Mobil
    Fungsinya adalah memastikan kotoran yang ada di dalam mesin kompresor AC disedot dan dihilangkan. Juga untuk memastikan freon lama yang mungkin sudah tercemar dapat diganti dengan sempurna dan bersih.
  2. Cuci AC Mobil
    Kotoran penyebab bau busuk ini mungkin saja menempel di dashboard, evaporator, dan komponen lain AC mobil. Oleh sebab itu, cuci AC mobil wajib untuk dilakukan, baik setelah flushing, ataupun sebelum flushing AC mobil.
  3. Fogging
    Setelah flushing dan cuci AC, mungkin saja bau itu begitu membandel. Oleh sebab itu, perlu dilakukan fogging untuk menghilangkan bau. Selain itu, dengan fogging 100% bakteri penyebab AC mobil bau busuk dapat dihilangkan.Dokter Mobil merupakan bengkel AC mobil pertama di Indonesia yang menyediakan fogging yang juga membunuh kuman ataupun bakteri.

Itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi AC mobil bau busuk yang bisa anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih dan silahkan membaca artikel lainnya dari kami.

Tags:

About Author