Posted by Dokter Mobil AC, Masalah AC Mobil Bau Busuk

7 Hal yang Menjadi Sebab AC Mobil Bau Muncul dan Sulit Diatasi

Ada sebab AC mobil bau sangat berbahaya jika tak segera diatasi. Masalah serius bisa muncul. Seperti kecelakaan dan gangguan kesehatan.

Nah, untuk mengatasi AC mobil bau, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari faktor penyebab munculnya masalah ini. Mengapa? Karena dengan mengetahui penyebab masalah, anda akan lebih mudah untuk:

  • Mengetahui solusi untuk mengatasi AC mobil bau
  • Dapat mengestimasi biaya-biaya yang diperlukan
  • Mampu mencegah kembalinya masalah ini terjadi di mobil anda.

Tanpa berlama-lama, berikut ini beberapa penyebab, solusi, dan cara mencegah AC mobil bau. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Faktor yang Menjadi Sebab AC Mobil Bau Muncul di Kendaraan Anda

Setidaknya ada 5 faktor utama yang menjadi penyebab AC mobil bau. Nah, faktor penyebab inilah yang nanti harus anda atasi. Adapun 5 faktor utama penyebab AC mobil bau adalah:

  • AC Mobil Kotor

    Part AC mobil yang kotor dapat menyebabkan debu dan kotoran menumpuk dan menimbulkan bau tidak sedap. Biasanya kotoran ini menempel dan menumpuk di evaporator, filter AC mobil, dan dashboard AC mobil.

    Ada beberapa penyebab AC mobil menjadi kotor. Di antaranya karena jarang membersihkan AC mobil (cuci AC dan Evaporator AC mobil) atau karena tidak pernah mengganti filter AC mobil. Bisa juga kotoran ini muncul karena kebiasaan buruk di dalam mobil, seperti makan dan minum di dalam mobil, merokok, ataupun terlalu sering membuka jendela mobil.

  • Ada yang Terbakar

    Bau kabel terbakar karena korsleting bisa saja masuk ke saluran AC mobil. Akibatnya, udara yang dihembuskan akan tercemar dengan bau terbakar ini.

    Masalah ini berbahaya karena selain menimbulkan masalah bau, juga dapat berpotensi merusak mobil secara keseluruhan. Jadi jika mulai mencium bau terbakar dari AC mobil anda, segera lakukan pengecheckan menyeluruh untuk mencari titik masalah. Dan mengatasinya sesegera mungkin.

  • Kebocoran Bau dari Luar

    Saluran AC mobil bisa saja kebocoran bau dari luar. Sehingga bau dari luar bisa masuk. Bau yang bisa masuk ini utamanya seperti asap knalpot, ataupun debu jalan dari luar.

    Untuk mengatasi masalah ini bisa dilakukan dengan mengatasi kebocoran yang ada. Misalnya dengan menambal knalpot yang bocor, atau menambal selang freon yang ada kebocoran.

  • Masalah pada Freon AC Mobil

    Freon yang anda miliki belum tentu fresh terus menerus. Kadang freon menjadi tercemar. Misalnya ada oli kompressor yang baik sehingga bercampur dengan freon AC mobil. Atau kotoran yang masuk ke saluran freon AC mobil dan mengotori freon.

    Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan ganti freon. Namun mengganti freon tidak otomatis menghentikan alasan dan sebab AC mobil bau. Anda perlu mengatasi penyebab freon bermasalah. Apakah karena kualitas freon yang anda beli jelek. Atau karena kebiasaan buruk anda di dalam mobil.

  • Kebiasaan Buruk di Dalam Mobil
    Ada cukup banyak kebiasaan buruk yang menjadi penyebab AC mobil bau. Beberapa kebiasaan buruk tersebut di antaranya adalah merokok di dalam mobil, makan minum di dalam mobil, dan terlalu sering membuka jendela kaca mobil.Selain itu, ada beberapa kebiasaan buruk lainnya, seperti sering menggunakan parfum di dalam mobil, atau adanya serangga di dalam mobil.

Sebab AC Mobil Bau Sulit Diatasi

Ada beberapa solusi yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah AC mobil bau ini. Beberapa solusi tersebut adalah dengan:

  • Melakukan Flushing AC mobil
  • Melakukan Cuci AC dan Cuci Evaporator
  • Melakukan Fogging Bau pada AC mobil

Namun terkadang setelah dilakukan perawatan tersebut, bau pada AC mobil tidak juga kunjung hilang. Mengapa? Apakah ada yang salah dari perawatan tersebut?

Tidak. Masalah yang terjadi adalah adanya hal-hal yang belum dilakukan secara maksimal. Sebagai contoh adalah:

  • Flushing yang tidak sempurna

    Kualitas flushing pada kompressor AC mobil sangat bergantung pada kualitas mesin flushingnya. Jika mesinnya bagus, hasil flushingnya pun akan bersih sehingga kompressor AC mobil bisa bekerja selayaknya baru.

  • Cuci AC mobil yang tak bersih dan menyeluruh

    Cuci AC perlu dilakukan secara menyeluruh. Jika tak bersih dan masih ada kotoran yang menempel, kotoran ini dapat berkembang menjadi banyak kembali. Atau bahkan menjadi semakin bau. Hal ini terjadi karena kotoran ini mengandung bakteri, jamur, bakteri, dan virus yang dapat berkembang dengan sangat cepat.

  • Fogging yang tak mampu menghilangkan bau

    Fogging seharusnya dapat menyebar ke seluruh ruangan. Dan menyamarkan bau yang ada. Namun jika bakteri, virus, dan jamur yang ada tidak ikut dibasmi, mereka akan berkembang dan membuat ruangan mobil kembali bau.

Oleh sebab itu, solusi terbaik adalah dengan mendatangi bengkel AC mobil terpercaya dengan jaminan 100% menghilangkan AC mobil bau, dan membunuh bakteri, virus, kuman, dan jamur dengan sepenuhnya.

Itulah beberapa sebab AC mobil bau yang perlu anda ketahui, dan alasan mengapa terkadang masalah ini sulit diatasi. Semoga dengan artikel ini, anda mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Tags:

About Author