Penyebab Mesin Mobil Ngelitik - Dokter Mobil
 
Posted by admin Uncategorized

Penyebab Mesin Mobil Ngelitik

Penyebab Mesin Mobil Ngelitik – Memiliki sebuah mobil memang menjadi kebanggaan tersendiri dan cukup membantu kebutuhan mobilitas yang cukup sering. Kendaraan roda empat memungkinkan siapa saja untuk bisa bepergian sembari membawa banyak barang. Bisa pula bermanfaat besar untuk mengangkut lebih banyak penumpang dalam sekali jalan, sangat cocok untuk pemilik keluarga besar. Terlepas dari segudang manfaat dari kepemilikan sebuah mobil ternyata untuk menjaga performanya diperlukan biaya yang tidak sedikit.

Apalagi jika kendaraan menunjukkan gejala-gejala yang kurang wajar sehingga memberikan rasa was-was ketika dikemudikan. Salah satu jenis gejala yang cukup berbahaya jika terjadi secara berulang-ulang dalam waktu lama. Ialah mesin mobil yang ngelitik atau knocking, kondisi ini ditandai dengan suara mesin yang semakin keras. Suara mobil akan terasa kurang normal jika berada di kondisi jalan yang kurang mendukung. Entah terlalu banyak belokan, dalam kondisi tanjakan, jalanan kurang rata, dan lain sebagainya. Kondisi knocking apabila terjadi dalam tempo cukup lama ternyata mampu menimbulkan kerusakan yang serius pada mobil.

12112156_10153697384889834_731764475599722532_n

Mengenal apa saja penyebab mesin ngelitik

Kondisi mesin yang ngelitik terkadang mampu menimbulkan bunyi yang sangat keras apabila perubahan gigi yang tidak seimbang. Bunyi yang cukup keras ini ternyata dipicu oleh banyak hal, yakni:

  1. Penggunaan bensin dengan oktan kurang mendukung

Sebagai pemilik mobil yang bijak sebaiknya kita mengetahui kebutuhan mobil agar terjaga performanya. Performa yang baik akan mendukung mobilitas lebih aman dan nyaman kemudian juga lebih hemat dengan kerusakan yang minimal. Salah satunya ialah mengetahui kebutuhan bahan bakar seperti apa yang sesuai dengan mesin mobil yang dimiliki. Menghindari mobil ngelitik bisa dengan memilih bahan bakar beroktan tepat, semisal normalnya diberi 88 oktan maka ada baiknya menggunakan bahan bakar dengan oktan hingga 92.

  1. Tekanan pada mesin mobil yang tidak sempurna

Perawatan mesin mobil sebaiknya juga untuk komponen yang sederhana seperti semua karet yang berada di sekitar klep. Karet-karet ini memang cukup banyak jumlahnya, bahkan akan semakin banyak untuk mobil jenis matic. Pastikan Anda melakukan penggantian sparepart tepat waktu dan dilakukan di bengkel resmi sesuai merk mobil. Penggantian part tepat waktu dan service rutin akan mencegah mobil dalam keadaan kotor dan karet klep rusak. Sparepart yang dalam kondisi baik akan mengurangi kemungkinan mobil mengalami ngelitik meski sudah berumur cukup tua.

  1. Lemahnya MAP (Mnifold Absolute Presure)

Bagian intake manifold akan membutuhkan asupan suara yang cukup agar pergerakan mesin maksimal. Lemahnya sensor MAP justru akan menjadikan kebutuhan udara di intake manifold berkurang drastis dan memicu terjadinya ngelitik. Sehingga menghindari mesin slip atau menimbulkan bunyi ngelitik tadi, pastikan melakukan pengecekan secara berkala. Atau paling tidak kenali suara mesin mobil dengan baik dan apabila mendengar suara yang berbeda meski sebentar dan samar. Ada baiknya melakukan service ke bengkel langganan sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan yang lebih parah.

Solusi mencegah mesin ngelitik

Sebagai pemilik mobil yang mencoba selalu rutin melakukan perbaikan agar mencegah kerusakan lebih besar. Tentunya memahami bahwa perawatan mesin mobil sesuai dengan aturan merk dagangnya membutuhkan dana tidak sedikit. Sebagai solusi paling praktis untuk mencegah mesin mobil ngelitik ialah menggunakan JSONE ELECTRIC POWER BOOSTER . Produk JSONE ELECTRIC POWER BOOSTER membantu mengoptimalkan kerja mesin namun tetap efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar. Hasilnya performa mesin mobil terjaga, bebas dari resiko ngelitik, dan kerusakan lainnya.

Dokter Mobil
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Tags:

About Author