Posted by Dokter Mobil AC, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Penyebab Kompresor AC Mobil Cepat Panas dan Solusi Termudahnya

Salah satu gejala kerusakan yang sering terjadi adalah kompresor AC mobil cepat panas ketika dinyalakan. Ini sebab dan solusinya. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih dan selama membaca.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya masalah ini. Mengetahui faktor-faktor tersebut sangatlah penting. Mengapa? Karena dengan mengetahuinya, anda dapat dengan mudah untuk:

  • Mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah ini
  • Mencegah terulangnya masalah yang sama

Dengan demikian, perbaikannya akan jauh lebih mudah, murah, cepat, dan efektif. Lantas apa saja penyebab kompresor AC mobil mengalami overheating (cepat panas)?

Penyebab Kompresor AC Mobil Cepat Panas

Ketika kompresor AC anda mengalami overheating, dapat menyebabkan AC mobil jadi tidak dingin. Namun tidak hanya hal tersebut, namun juga menyebabkan:

  • Resiko terbakarnya AC mobil
  • Resiko kerusakan pada komponen lain di mobil anda
  • dan masalah-masalah lain yang sebaiknya tidak pernah terjadi

Nah hal-hal tersebut dapat terjadi karena:

Kompresor Kekurangan Oli Mobil
Hal ini menyebabkan komponen logam kompresor saling bergesekan. Akibatnya, kompresor AC mobil jadi lebih cepat panas.

Kualitas Oli Kompresor sudah Habis
Oli kompresor yang sudah kehilangan daya pelumasannya tidak mampu lagi mencegah gesekan antara logam. Akibatnya, logam-logam di dalam mesin kompresor saling bergesekan. Tidak hanya membuat kompresor cepat panas, namun juga:

  • AC mobil keluar suara berisik
  • AC mobil tidak dingin

Dan jika sudah terjadi hal-hal di atas, kenyamanan anda berkendara tentu akan terganggu.

Freon AC Mobil Terlalu Banyak
Freon yang terlalu banyak juga dapat menjadi sumber masalah. Hal ini karena ketika freon berlebihan, tekanan menjadi lebih tinggi. Karena tekanan di kompresor semakin tinggi, kerja kompresor pun semakin banyak. Hal tersebut menjadikan kompresor AC mobil lebih cepat panas.

Inilah sebabnya, disarankan untuk mengisi freon dalam jumlah yang ditentukan. Tidak terlalu sedikit, namun juga tidak terlalu banyak.

Kompresor AC Mobil yang Tidak Dirawat secara Berkala
Semakin lama, kerja kompresor akan semakin berkurang. Biasanya setelah lebih dari 3 tahun, kompresor AC mobil akan lebih cepat dan mudah mengalami panas berlebih.

Mengapa? Karena komponennya sudah semakin tua, dan banyak yang rusak. Apalagi jika AC mobil tersebut tidak dirawat. Kerusakannya akan jauh lebih cepat terjadi.

Lantas apa solusinya?

Solusi Mengatasi Kompresor AC Mobil yang Overheating

Masalah ini tidak boleh dibiarkan. Karena kerusakan bisa semakin parah. Dan tentunya dapat menyebabkan kerusakannya menyebar ke komponen mobil lainnya.

Adapun beberapa solusi yang bisa anda lakukan antara lain adalah:

  • Flushing

    Mengganti oli kompresor perlu dilakukan. Flushing diperlukan untuk memastikan semua oli lama di kompresor dibuang dan diganti dengan yang baru.

    Keunggulan melakukan flushing adalah dapat menyedot juga kotoran di kompresor. Dengan demikian, kompresor AC akan seperti baru.

  • Perawatan AC Mobil
    Perawatan ini meliputi check kondisi spare part, dan melakukan penggantian spare part yang memang sudah harus diganti. Adapun beberapa spare part yang perlu diganti di antaranya adalah kipas kompresor, dan tentu saja oli kompresor.

Itulah beberapa penyebab kompresor AC mobil cepat panas  dan solusi untuk menangani masalah tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

Tags:

About Author