Posted by Dokter Mobil AC, Masalah AC Mobil Bunyi

Penyebab Kompresor AC Mobil Bunyi dan Bagaimana Mengatasinya

Biasanya penyebab kompresor AC mobil bunyi adalah adanya gram besi di dalam mesin kompresor. Namun bisa jadi ada sebab lainnya.

Berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya bunyi di kompresor AC mobil anda. Silahkan membaca dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

Penyebab Utama Kompresor AC Mobil Bunyi

Mengetahui penyebab masalah ini sangatlah penting. Hal ini agar kita lebih mudah menentukan solusi masalah. Dan agar tahu langkah apa yang perlu dilakukan untuk mencegah masalah ini muncul kembali.

Adapun beberapa penyebab kompresor AC mobil mengeluarkan bunyi (berisik ataupun tidak) antara lain adalah:

  • Kurangnya Oli Kompresor

    Oli kompresor yang berkurang jumlahnya, akan menyebabkan tingkat gesekan logam di mesin kompresor semakin besar. Dan akibatnya muncul bunyi tik-tik dari dalam kompresor AC mobil.

    Berkurangnya oli kompresor dapat disebabkan lama penggunaan oli kompresor, ataupun adanya kebocoran oli kompresor. Terutama jika ada keretakan atau bocor di mesin kompresor AC mobil.

  • Adanya Gram-Gram Besi di Dalam Kompresor AC Mobil

    Gram kasar juga jadi penyebab munculnya bunyi dari dalam kompresor AC mobil. Gram besi ini biasanya berasal dari dinding kompresor AC mobil yang terkikis akibat gesekan logam terus menerus.

    Masalah gram besi ini akan menimbulkan masalah bunyi seperti orang sedang mendengkur atau ngorok.

  • Adanya Komponen dalam Kompresor yang Bengkok atau Patah

    Faktor usia kompresor AC mobil sangat berpengaruh. Adanya bagian kompresor yang bengkok atau patah tentu meningkatkan intensitas bunyi di dalam mesin kompresor.

    Patah atau bengkoknya komponen ini pada lagi-lagi bisa terjadi karena oli kompresor berkurang, atau sudah habis daya pelumasannya.

Jika dibiarkan, hal-hal di atas dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor AC mobil akan semakin parah. Lantas apa solusi yang bisa dilakukan?

Solusi Mengatasi Penyebab Kompresor AC Mobil Bunyi

Ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi penyebab kompresor AC mobil bunyi. Adapun solusi tersebut meliputi:

  • Flushing AC Mobil

    Merupakan paket lengkap untuk mengganti dan isi ulang oli kompresor yang sudah berkurang atau habis daya pelumasannya. Selain itu flushing juga dapat menyedot kotoran di dalam kompresor AC mobil, termasuk gram-gram besi di dalamnya.

  • Ganti Kompresor AC Mobil

    Pada beberapa kasus, seperti patahnya komponen di dalam mesin, ataupun retak dan bocornya kompresor AC mobil tidak bisa diperbaiki. Kalaupun diperbaiki, performanya tidak akan sama lagi.

    Oleh sebab itu, langkah terbaik adalah melakukan ganti kompresor AC mobil.

Demikianlah informasi dan panduan yang bisa kami berikan mengenai penyebab kompresor AC mobil bunyi dan bagaimana cara menanganinya dengan tepat. Semoga informasi ini membantu anda mengatasi masalah anda dengan sebaik-baiknya. Terimakasih sudah membaca.

Tags:

About Author