Posted by Dokter Mobil AC, Masalah AC Mobil Tidak Dingin, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Waktu Berhenti di Tengah Macet

Kemacetan merupakan momok menakutkan. Apalagi jika ditambah AC mobil tidak dingin waktu berhenti di tengah jalan . Waah… Hal tersebut tentu akan sangat menyebalkan.

Oleh sebab itu sangatlah penting untuk tahu apa penyebab terjadinya masalah tersebut. Dengan demikian anda bisa untuk:

  • Menemukan solusi mengatasi masalah tersebut dengan lebih mudah
  • Mampu mencegah terjadinya masalah tersebut

Tanpa berlama-lama, berikut ini kami sajakan penyebab, solusi, dan cara mencegah masalah ini lengkap kepada anda.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Ketika sedang Berhenti

Untuk menemukan penyebab terjadinya masalah ini tidaklah mudah. Anda harus berhati-hati agar saat pengecheckan tidak merusak komponen AC mobil.

Adapun beberapa penyebab AC mobil tidak dingin saat sedang berhenti antara lain:

Kerusakan pada Magnetic Clutch

Pulley atau magnetic clutch berfungsi memutar kompresor AC mobil seturut mesin mobil. Namun magnetic clutch yang rusak akhirnya menyebabkan daya magnetismnya tidak mampu berputar ketika mesin mobil berhenti.

Cara Kerja Mesin Mobil

Kompresor AC mobil berputar seturut dengan putaran mesin mobil. Namun ada beberapa mesin mobil yang tidak berputar ketika mesin dalam keadaan idle. Akibatnya, kompresor AC mobil tidak berputaar.

Ketika kompresor AC mobil tidak berputar, otomatis AC mobil akan jadi tidak dingin.

Kerusakan pada Thermistor Mobil

Thermistor atau sensor suhu bisa jadi penyebab AC mobil tidak dingin saat berhenti. Kok bisa? Karena saat thermistor rusak, data yang diberikan oleh thermistor akan kacau dan tidak sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

Ketika anda butuh AC mobil menyala saat berhenti, nyatanya thermistor membaca suhu ruangan sudah sangat dingin. Lantas thermistor mematikan fungsi pendinginan dari AC mobil.

Nah itulah beberapa penyebab AC mobil tidak dingin ketika mobil sedang berhenti. Lantas bagaimana menyelesaikan masalah ini?

Tidak perlu khawatir karena ternyata masalah ini tidak terlalu sulit untuk diselesaikan.

Solusi Mengatasi masalah AC Mobil Tidak Dingin Waktu Berhenti di Jalan

Jangan sampai salah memilih jenis perbaikan untuk masalah ini. Pilihlah solusi yang mudah untuk anda lakukan sendiri. Kecuali keadaannya sudah cukup parah sehingga membutuhkan bantuan teknisi profesional.

Adapun solusi yang bisa anda lakukan di antaranya adalah:

  • Ganti Magnetic Clutch

    Magnetic clutch anda mungkin sudah jelek sehingga tidak mampu lagi menjadikan kompresor AC mobil berputar seturut mesin mobil. Untuk melakukan penggantian magnetic clutch sebaiknya diserahkan pada bengkel.

    Mengapa?

    Hal ini untuk memastikan pemasangan magnetic clutch pas. Karena jika dipasang dalam kondisi tidak pas, magnetic clutch akan cepat rusak. Apalagi harganya tergolong cukup mahal.

  • Ganti Thermistor AC Mobil

    Jika thermistor anda sudah bermasalah, ya sudah tidak ada cara lain selain mengganti perangkat ini. Anda bisa membeli thermistor di bengkel AC mobil mana saja. Namun pastikan untuk mengetestnya terlebih dahulu.

    Karena tidak semua thermistor kompatible dengan jenis mobil, dan jenis kompresor.

Itulah beberapa solusi mengatasi masalah AC mobil tidak dingin waktu berhenti atau ketika mesin dalam keadaan idle. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda sekalian. Terimakasih sudah membaca dan jangan ragu untuk membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat.

Tags:

About Author