Posted by Dokter Mobil AC, Masalah AC Mobil Tidak Dingin, Service AC Mobil

Penyebab AC Mobil Malam Dingin Siang Panas dan Solusinya

Banyak yang bingung karena AC mobil malam dingin siang panas dan gerah. Berikut ini penyebab dan solusi mengatasi masalah tersebut. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai masalah ini, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui. Hal tersebut antara lain adalah:

  • Anda perlu mencari tahu penyebab masalah ini
  • Solusi terbaik
  • Cara mencegah muncul kembalinya kejadian ini

Dengan mengetahui ketiga hal tersebut, AC mobil anda akan selalu dingin dan berfungsi dengan baik. Oke, mari kita langsung ke inti masalah.

Penyebab AC Mobil Dingin saat Malam namun Tidak Dingin saat Siang

Mengetahui penyebab masalah ini sangatlah penting. Mengapa? Karena dengan mengetahui hal tersebut, anda akan tahu langkah apa yang paling efektif, cepat, dan praktis untuk mengatasi masalah ini.

Selain itu, dengan tahu penyebab masalah, anda dapat tahu hal-hal apa yang harus dihindari. Nah, penyebab AC mobil dingin saat malam siang panas adalah:

Mesin Mobil Overheating

AC mobil sangat bergantung pada kondisi freon AC mobil. Jika freon dalam kondisi yang baik, udara yang dihembuskan blowerpun akan dingin. Namun freon bisa kehilangan kualitas pendinginannya karena terkena panas dari mesin mobil.

Ya, mesin mobil yang terkena panas matahari bisa menjadi lebih panas dari biasanya. Akibatnya, kondisi freon ikut terpengaruh. Ada beberapa hal yang menyebabkan mesin mobil anda mengelami overheating, di antaranya:

  • Kekurangan oli mobil
  • Kualitas oli mesin yang sudah habis
  • Kerusakan pada komponen mesin mobil
  • dan Air radiator yang sudah tidak lagi mampu mendinginkan mesin mobil

Tidak hanya mesin mobil yang menjadikan freon kepanasan. Kompresor AC mobilpun bisa mengalami masalah ini. Oleh sebab itu, perawatan berkala perlu dilakukan pada mesin mobil dan kompresor AC.

Panas Matahari

Selain mesin yang overheating mesin, panas matahari yang radiasinya sampai ke tempat penyimpanan freon juga jadi penyebab masalah ini. Pada umumnya panas matahari tidak sampai ke tempat penyimpanan freon. Namun pada beberapa kasus, memang bisa saja terjadi.

Jika sudah kejadian seperti ini, solusinya adalah dengan melapisi saluran freon dengan selubung anti panas. Memang agak repot, namun merupakan cara yang paling efektif.

Kerusakan pada Thermistor

Sensor panas pada AC mobil bisa saja mengalami error. Jadi ketika cuaca panas, justru terbaca cuaca sedang dingin. Oleh karena itu, thermistor meminta AC mobil tidak mendinginkan ruangan mobil.

Untuk kasus ini, tidak ada jalan lain selain memperbaiki atau mengganti thermistor AC mobil anda.

Nah, itulah beberapa penyebab AC mobil hanya dingin saat  malam. Apakah anda sudah mendapatkan gambaran solusi untuk mengatasi masalah ini?

Solusi Mengatasi AC Mobil Malam Dingin Siang Panas dengan Cepat

Untuk dapat mengatasi masalah ini, ada beberapa solusi yang anda lakukan. Jika sebuah solusi belum berhasil, silahkan coba solusi selanjutnya. Mengapa? Karena bisa saja masalah mobil anda terdiri dari beberapa sebab.

Adapun solusi tersebut antara lain adalah:

  • Ganti Freon AC Mobil Anda

    Freon anda mungkin berkualitas jelek. Menerima sedikit saja paparan panas sudah kehilangan daya pendinginannya. Untuk itu, anda dapat mencari bengkel mobil yang menyediakan freon AC mobil berkualitas.Di Dokter Mobil seluruh freon yang disediakan merupakan freon yang bersih, segar, dan berkualitas tinggi. Tidak akan kehilangan kemampuan pendinginannya meski terpapar panas.

  • Check Thermistor

    Jika thermistor AC mobil anda memang bermasalah, tidak ada cara lain selain perbaiki atau ganti thermistor. Biasanya kerusakan thermistor ini terjadi disebabkan oleh masalah kelistrikan. Di mana kelistrikan mobil yang tidak stabil menyebabkan thermistor error.

  • Lapisi Saluran AC Mobil dengan Tabung Pelindung

    Gunanya agar panas dari mesin mobil, kompresor AC, ataupun dari sinar matahari tidak sampai ke saluran AC mobil.

  • Perbaiki Mesin Mobil ataupun Kompresor AC Mobil Anda

    Overheating pada mesin, entah itu mempengaruhi AC mobil ataupun tidak, harus segera ditangani. Karena dapat menyebabkan masalah lainnya pada mobil anda.

Nah, itulah beberapa solusi mengatasi AC mobil malam dingin siang panas yang dapat kami berikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih dan silahkan membaca artikel lainnya dari kami.

Tags:

About Author