Beberapa Penyebab AC Mobil Hidup Mati - Dokter Mobil
 
Posted by admin Uncategorized

Beberapa Penyebab AC Mobil Hidup Mati

Beberapa Penyebab AC Mobil Hidup Mati – Jika Anda berkendara dengan mobil, Anda pasti berharap kenyamanan yang lebih. AC adalah salah satu perangkat kenyamanan dalam mobil, tapi jika AC Mobil Hidup Mati, bukan kenyamanan yang Anda dapatkan melainkan rasa super tidak nyaman. Lebih baik kalau mati ya mati saja, sehingga Anda bisa buka jendela dan merasakan angin. AC yang hidup dan mati pada mobil membuat Anda kepanasan tapi tidak selalu bisa membuka jendela. Karena, saat Anda membuka jendela bisa saja tiba-tiba si AC hidup lagi dan Anda harus bolak-balik membuka dan menutup jendela untuk mendapatkan udara segar di dalam mobil. Sangat tidak nyaman.

Nah, perlu diketahui apa Penyebab AC Mobil hidup mati supaya kenyamanan itu dapat segera terselesaikan. AC mobil yang hidup mati bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, bisa saja AC mobil Anda kehabisan freon. Jika begini, Anda harus rajin melakukan pengecekan pada Freon AC Mobil Anda dan Anda harus tanggap pada tanda freon AC habis atau kosong. Jika mobil Anda kehabisan freon, maka low pressure switch akan bekerja secara otomatis sehingga arus listrik menuju magnetic clutch terhenti dan kompresor AC mobil Anda berhenti berputar. Kedua, bisa saja motor cooling fan AC mobil Anda mati. Kondisi ini menyebabkan panas dari kondensor tidak dapat dibuang sehingga memicu suhu berlebih dan memutus aliran listrik ke magnetic clutch.

Magnetic ClutchKetiga, bisa saja spul magnetic atau field coil Anda putus. Sudah jelas, apabila ia putus maka kompresor AC Anda tidak bisa berputar dan AC mobil hidup mati. Keempat, mobil Anda putus sekring AC-nya. Hal ini menyebabkan AC mobil Anda mati total. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh korslet yang terjadi di dalam field coil magnetic clutch atau spull magnet dengan rumah gulungan, korslet yang terjadi di gulungannya sendiri atau sekering AC longgar. Hal ini membuat arus listrik terlalu besar. Kelima, ada kemacetan pada kompresor AC. Kekurangan oli pada kompresor bisa menyebabkan terjadinya hal ini. Atau, bisa saja kompresor Anda sudah aus atau bengkok sehabis kecelakaan. Jika kompresor AC macet maka AC tidak akan bisa berputar, kalaupun ia bisa berputar akan menimbulkan bunyi berdecit dan jika berputarnya sedikit kencang bisa saja terjadi putus.

Baca Juga : Perawatan AC Mobil

Keenam, AC mobil hidup mati bisa saja terjadi karena V-belt mobil Anda putus. Kompresor AC tidak akan terhubung dengan putaran mesin jika V-belt putus, dan tentu saja hal ini membuat perputaran AC menjadi tidak sempurna. Ketujuh, bisa jadi ada kerusakan pada relay AC mobil Anda. Hal ini adalah penyebab yang paling sering terjadi pada AC yang mati secara tiba-tiba. Yang terakhir, bisa jug aterjadi kerusakan pada resistor blow Anda. Hal ini menyebabkan AC mobil Anda tidak mengeluarkan angin dan kompresor tidak berputar.

Read More : Bengkel Tune Up Mobil Avanza

Ini adalah beberapa sebab mengapa hidup mati bisa terjadi pada AC mobil Anda. Jika Anda tidak tahu cara memperbaikinya, silahkan bawa mobil Anda ke bengkel. Bisa saja ada onderdil mobil Anda yang dapat diganti, atau bisa saja cukup dengan diperbaiki. Nah, yang mana penyebab AC mobil hidup mati Anda? Rajinlah merawat mobil Anda dan ada baiknya menyimpan nomor mekanik andalan dalam ponsel Anda agar setiap saat AC mobil Anda tidak bekerja dengan baik, Anda dapat mengandalkan seseorang yang Anda percaya.

Dokter Mobil
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Tags:

About Author