Posted by Dokter Mobil bengkel mobil, tenaga mobil

Faktor Penyebab Mobil Mogok Tidak Bisa Distarter dan Solusinya

Mengatasi Penyebab Starter Mobil Sulit Dinyalakan dan Hanya Bunyi Cetek Cetek

Saat mobil tidak bisa distarter tentu akan sangat merepotkan. Mendorong mobil yang mogok agar dapat menyala bukanlah solusi  . Untuk itu sangat penting untuk tahu penyebab munculnya masalah ini. Mengapa?

Tahu penyebab masalah pada starter mobil akan memudahkan anda untuk:

  • Menemukan titik kerusakan mobil
  • Menemukan solusi dan perbaikan yang efektif
  • Tahu hal apa yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya hal yang sama di kemudian hari

Nah diharapkan dengan adanya artikel ini, anda dapat semakin nyaman dalam berkendara. Selamat membaca dan semoga berkenan.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter agar Nyala

Ada banyak sekali penyebab mobil gagal hidup dengan distarter. Beberapa penyebab tersebut bisa anda atasi sendiri. Namun beberapa sebab lainnya perlu penanganan spesifik di bengkel mobil.

Adapun beberapa penyebab tersebut antara lain:

Kelistrikan Mobil

Tidak dapat dipungkiri bahwa starter mobil sangat bergantung pada kelistrikan mobil. Jika kelistrikan tidak berfungsi, starter mobil akan mati atau rusak. Ada beberapa penyebab kelistrikan mobil ini bermasalah, di antaranya adalah:

  • Aki Mobil Kehilangan Daya
    Aki mobil yang soak atau tekor tidak akan mampu menghasilkan daya yang dibutuhkan untuk menyalakan perangkat elektronik di dalam mobil. Dalam kasus yang lebih serius, aki mobil yang kehilangan daya bahkan tidak mampu menyalakan perangkat sederhana seperti starter mobil.Jika sudah seperti ini, solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti aki mobil. Atau setidaknya melakukan isi ulang aki.Baca Juga: Penyebab Aki Mobil Tiba Tiba Tekor
  • Adanya Kabel yang Bermasalah
    Kelistrikan mobil teralir melalui kabel-kabel di dalam mobil. Namun kabel-kabel ini dapat mengalami kerusakan seperti terbakar, korsleting, terkelupas, copot, atau tidak tersambung dengan pas. Akibatnya, daya atau aliran listrik tidak terhantar dengan sempurna.Untuk mengatasi hal ini tentunya dengan melakukan pengecheckan menyeluruh pada komponen kabel-kabel kelistrikan mobil. Namun tentunya anda pun harus memperhatikan dan mencari penyebab kerusakan pada kabel kelistrikan mobil. Biasanya terjadi karena adanya ketidak-stabilan pada arus listrik yang masuk.
  • Masalah pada Alternator Mobil
    Alternator berfungsi untuk menyuplai listrik ke aki. Jika alternator rusak, mobil tetap tidak bisa distarter meskipun mengganti aki mobil.Untuk mengatasi masalah pada alternator, bisa dengan service alternator, ataupun dengan penggantian alternator.
  • Rusaknya Dinamo Starter
    Komponen inipun bisa rusak. Biasanya disebabkan oleh pemaksaan untuk menghidupkan mobil ketika aki mobil soak.Untuk mengatasi masalah ini, bisa dengan ganti dinamo starter, ataupun sekedar memperbaikinya.

Nah itulah beberapa masalah di sistem kelistrikan yang menyebabkan mobil tidak bisa distarter. Namun selain masalah kelistrikan ada juga masalah mesin.

Mesin yang Rusak

Seberapa keraspun anda berusaha menstarter mobil, namun jika mesin rusak maka mobil tidak akan menyala dengan normal. Dalam kata lain, jika mesin mobil mogok, tidak ada gunanya anda starter.

Ada beberapa penyebab mesin rusak sehingga tidak bisa distarter, di antaranya:

  • Suplay Bahan Bakar
    Mesin tanpa suplay bahan bakar tidak akan menyala. Oleh sebab itu, jika mesin tidak bisa distarter, cobalah check apakah bahan bakarnya terisi.Jika bahan bakarnya terisi, maka solusi yang bisa anda lakukan adalah dengan mengecheck saluran bahan bakarnya. Ya, bisa saja bahan bakar tidak dapat masuk ke ruang pembakaran karena adanya sumbatan.
  • Mesin yang Penuh Karbon
    Mesin yang kotor tentu akan mengalami kendala. Salah satunya adalah tidak bisa menyala meski sudah distarter. Untuk itu, perlu dilakukan flushing mesin mobil.Flushing mesin mobil dapat dilakukan dengan cuci darah darah mobil dan tune up. Pastikan anda memilih tempat tune up mobil terbaik untuk memastikan karbon dan kotoran di dalam mesin benar-benar berhasil diangkat.

Volt Stabilizer dari Dokter Mobil

Untuk menstabilkan kelistrikan mobil dan mencegah terjadinya masalah mobil yang mogok tidak bisa distarter, anda dapat mencoba beberapa volt stabilizer terbaik berikut ini:

  • JS One
    Merupakan alat penstabil kelistrikan mobil yang juga memberikan efek hemat BBM. Tidak hanya itu, volt stabilizer inipun dapat meningkatkan tenaga dan akselerasi mobil.
  • R Project
    Merupakan volt stabilizer dengan kelebihan dapat meningkatkan tenaga mobil secara signifikan. Keunggulan dari R Project adalah menjadikan kelistrikan mobil setara dengan penggunaan 2 buah aki mobil.

Anda bisa mendapatkan volt stabilizer tersebut di Dokter Mobil. Silahkan kunjungi Dokter Mobil terdekat berikut ini:

KELAPA GADING CIBUBUR
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Telp (021) 2245 4429 Jl. Alternatif Km 4
Chelsea : 087787133366 ☏ 085817653292
   
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
blok Orange no.5, Gading Serpong (Dekat Pintu Tol Becakayu)
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887 | WA : 087887589899

Itulah beberapa alasan mengapa mobil tidak bisa distarter untuk menyalakan mesin. Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui kontak di atas. Atau dengan meninggalkan komentar pada kolom komentar di bawah ini.

Tags:

About Author