Posted by Dokter Mobil bengkel mobil

Penyebab Ketika Mobil Distarter Hanya Terdengar Bunyi Tek Tek

Menyalakan mesin terasa menyebalkan ketika mobil distarter bunyi tek tek saja yang muncul. Ini cara mudah mencari penyebab dan solusinya. Semoga bermanfaat.

Tentunya ada cukup banyak penyebab munculnya masalah ini. Mulai dari masalah kelistrikan, hingga memang masalah pada komponen mesin. Oleh sebab itu pengecheckan secara menyeluruh harus dilakukan.

Nah berikut ini adalah bagian-bagian yang perlu dicheck sehingga anda lebih tahu di mana memulai menyelesaikan masalah ini.

Faktor yang Jadi Penyebab Mobil Distarter Bunyi Tek Tek Saja

Cukup banyak part yang bisa menjadi sumber masalah ini. Namun anda tidak perlu bingung dari mana memulainya. Masalah ini hanya berpusat pada:

Masalah di Kelistrikan Mobil

Masalah kelistrikan memang jadi sumber masalah pada starter mobil. Entah itu starter terasa berat, ataupun hanya bunyi tek-tek saja. Ada beberapa penyebab mengapa kelistrikan mobil bermasalah, di antaranya:

  • Setrum Aki Rusak atau Soak

    Aki memegang peran penting dalam mensuplay arus listrik.  Tanpa arus listrik yang cukup, starter mobil tidak akan kuat menghidupkan mesin mobil.

    Oleh sebab itu, solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan penggantian aki mobil.

    Notes: Pastikan untuk mencari tahu penyebab aki soak atau cepat habis. Jika penyebab aki soak ini tidak diatasi, seberapa seringpun anda ganti aki, masalah kelistrikan mobil akan terus kembali.

    VOLT STABILIZER | Untuk menjaga agar aki mobil tidak mudah soak, anda dapat menggunakan volt stabilizer. Namun tentu saja anda harus mencari volt stabilizer yang berkualitas. Hal ini untuk memastikan mobil mendapatkan pasokan listrik yang lancar, stabil, dan cepat.

  • Solenoid Starter Bermasalah

    Solenoid starter menggunakan relay sebagai sistem keamanannya. Namun hal ini menjadikan 2 kemungkinan kerusakan, yaitu pada gulungan selenoid, dan rusak pada relaynya.

    Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengecheck daya kelistrikan pada solenoid starter anda. Bila tidak ada resistensi, dapat dipastikan ada kerusakan pada bagian solenoid.

  • Karbon Brush Starter Habis

    Hal ini juga dapat terjadi pada starter mobil tipe lama. Untuk dapat mengatasinya, perlu pengecheckan terlebih dahulu. Namun harus dilakukan oleh ahlinya.

    Jika ditemukan masalah, perlu penggantian dengan yang baru.

Itulah beberapa penyebab mengapa ketika mobil coba distarter hanya muncul bunyi tek-tek. Namun selain faktor-faktor di atas, masih ada beberapa faktor lain yang mungkin saja jadi penyebab. Oleh sebab itu, sangat penting membawa mobil anda untuk dilakukan pengecheckan mendalam di bengkel yang terpercaya.

Dokter Mobil

Untuk memastikan kondisi mobil anda tetap baik, anda dapat mengunjungi Dokter Mobil. Dengan teknisi-teknisi terbaiknya, Dokter Mobil dapat mengatasi masalah mobil distarter bunyi tek tek dengan cepat dan mudah.

Adapun beberapa alasan ke Dokter Mobil antara lain:

  • Teknisi Berpengalaman Lebih dari 5 Tahun
  • Peralatan yang Lengkap dan Canggih
  • SOP yang Bertaraf Internasional
  • Volt Stabilizer Terbaik, yaitu JS One dan R Project

Silahkan kunjungi Dokter Mobil di alamat berikut ini:

KELAPA GADING CIBUBUR
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Telp (021) 2245 4429 Jl. Alternatif Km 4
Chelsea : 087787133366 ☏ 085817653292
   
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
blok Orange no.5, Gading Serpong (Dekat Pintu Tol Becakayu)
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887 | WA : 087887589899

Itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi masalah pada starter mobil anda yang berbunyi tek-tek. Jika masih saja mobil distarter bunyi tek tek maka diharapkan segera membawa mobil ke bengkel terpercaya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tags:

About Author