Mesin Mobil Ngelitik

Bengkel Service AC Mobil Jakarta

Mesin Mobil Ngelitik

Mesin Mobil Ngelitik – Para pengendara mobil pernah mengalami suara mesin mobilnya seprti tik-tik, kejadian seperti ini biasanya disebut mesin mobil ngelitik atau bahasa kerennya engine knocking. Mesin mobil ngelitik atau engine knocking pasti sangat menganggu, takut akan ada sesuatu dalam mobil yang terlepas atau kenapa-kenapa. Nah berikut penyebab-penyebab mesin mobil ngelitik atau engine knocking pastinya beserta solusinya.

  1. Bahan Bakar yang kurang bagus

Pemakaian bahan bakar pada mobil tidak boleh asal isi, karena jika bahan bakar tidak cocok atau kurang bagus akan membuat mesin menjadi kurang maksimal. Misal jika mobil yang menggunakan bahan bakar yang memiliki beroktane rendah pada mesin yang ber kompresi tinggi maka bahan bakar beroktane tersebut tidak akan kuat menahan kompresi maksimal dari mesin berkompressi tinggi tersebut.

Efek nya terjadilah peristiwa pre-ignition seperti pada mesin jenis diesel yang terbakar dengan sendirinya tanpa perlu adanya percikan api. Bahan bakar tersebut dapat terbakar karena tenakan dari temperature yang melebihi dari apa yang bisa ditanggung bahan bakar tersebut akibatnya mesin mobil menjadi ngelitik.

Penyebab Mesin Mobil Ngelitik

Solusinya adalah dengan memakai bahan bakar yang  beroktane tinggi untuk mobil injeksi. Contohnya seperti pertamax

  1. Busi yang kurang pas atau kurang sesuai

Dalam penggunaan busi pada mobil perlu diperhatikan, karena busi ada berbagai jenis seperti iridium, platinum, dan copper. Jenis-jenis busi tersebut memiliki karakter yang berbeda-beda. Saat mengganti busi standar dengan busi sftersales tidak boleh asal pasang harus sesuai dengan spesifikasi mobil itu sendiri.

Busi mobil yang jelek

Karena jika busi yang dipasang tidak sesuai dengan mobilnya dapat berakibat pada api yang dihasilkan busi tersebut menjadi lebih kecil dari standarnya, akhirnya pembakaran yang terjadi di dalam ruang bakar menjadi kurang sempurna. Pembakaran yang kurang sempurna tersebut mengakibatkan terbentuknya deposit yang menempel diseluruh permukaan ruang bakar yang membuat mesin mobil anda menjadi menggelitik.

Untuk mengatasinya gunakan busi yang sesuai rekomendasi pabrik. Walaupun terdapat busi yang lebih berkualitas tetapi kalau tidak sesuai dengan spesifikasi juga dapat mengakibatkan masalah.

  1. Adanya kerak atau deposit di dalam ruang bakar

Munculnya kerak atau deposit dalam ruang bakar disebabkan karena busi yang dipasang kuras pas atau kurang sesuai pada mobil. Ketika kondisinya masih baru mungkin  engine knocking atau ngelitik jarang terjadi karena peristiwa engine knocking atau ngelitik ini terjadi hanya karena mesin overheat atau dalam keadaan sangat panas.

Setiap mesin mengalami knocking pasti menghasilkan deposit atau kerak dari proses knock atau ngelitik tersebut. Deposit atau kerak berwarna putih atau keabu-abuan tersebut akan menempel pada dinding silinder dan dinding ruang bakar atau pengapian dalam mesin yang menyelimuti elektroda pada busi.

Karena adanya kerak tersebut menimbulkan kenaikan tekanan kompresi dari standarnya.

Kenaikan tersebut disebabkan oleh ruang yang harusnya diisi dengan campuran dari udara dan bahan bakar tercampur dengan kerak tersebut. Akibatnya ruang kompressi jadi jauh lebih kecil, namun ukuran udara dan bahan bakar yang dikompresi tetap sama. Akibatnya terjadi peristiwa pre-igniton yang mengakibatkan mesin mobil ngelitik.

Solusinya untuk mengatasinya dengan cara membersihkan ruang bakar saat tune-up.

 

  1. Filter atau penyaring udara yang kotor

Penyaring udara atau filter bahan bakar juga dapat menimbulkan premature ignition. Filter sendiri berfungsi untuk menyaring debu serta kotoran yang terbawa oleh udara agar debu dan kotoran tersebut tidak masuk ke dalam ruang bakar atau pengapian mesin.

Jika debu atau kotoran masuk ke dalam ruang pengapian, resiko yang ditimbulkan bisa sangat fatal. Karena kotoran atau debu dan lainnya tidak bisa terbakar di ruang pengapian, kotoran atau debu tersebut hanya berpura-putar di dalam ruang pengapian.

Di dalam ruang pengapian tersebut juga lembab yang mengakibatkan debu atau kotoran tersebut menjadi basah dan mudah untuk menempel pada dinidng silinder yang akibatnya kotoran tersebut bercampur atau terkumpul dan menjadi kerak.

Filter yang kotor juga sangat berbahaya jika kotoran tersebut sampai masuk ke dalam ruang pangapian akibatnya mobil anda mengalami Knocking atau mesin mobil ngelitik.

Untuk mengatasi dan mencegahnya dapat dilakukan pembersihan rutin.

Kesimpulannya masalah mesin mobil ngelitik itu karena kurangnya perawatan pada mobil, bukan hanya mesin mobil ngelitik bahkan dapat lebih parah dari itu jika mobil tidak dilakukan perawatan.

Tempat terbaik untuk perawatan Mobil Anda tentu saja di Dokter Mobil.

Oli Mobil terbaik
Bengkel Tune Up Mobil Jakarta
Alat Hemat BBM JS One Dokter Mobil