Posted by Dokter Mobil bengkel mobil, Car Tuning, Tune Up Mobil

Penyebab Mesin Mobil Ndut Ndutan di RPM Rendah

penyebab dan solusi mengatasi tenaga mesin mobil ndut ndutan saat rmp rendah

Berikut ini beberapa penyebab masalah mesin mobil ndut ndutan saat RPM rendah. Juga cara bagaimana mengatasi hal ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Mobil bermasalah seringkali membuat rasa tidak nyaman bagi pemilik dan penumpangnya. Salah satu masalah mobil yang mampu dirasakan adalah adanya ndut ndutan (nyendat) ketika mesin menyala. Hal ini biasanya berlaku pada mobil bekas karena umurnya yang sudah cukup tua. Masalah mesin mobil ndut ndutan di rpm rendah tentunya memiliki penyebab dan solusinya.

Masalah ini biasanya terjadi karena supply bensin serta udara. Disamping itu, masalah mobil ndut ndutan bisa terjadi karena kegagalan sistem pembakaran yang membuat sistemnya bermasalah. Pengguna mobil sejati tentunya harus paham betul sebab dan solusi untuk masalah mesin ini. Berikut adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Mesin Mobil Ndut Ndutan dan Cara Mengatasinya

  1. Pompa Bensin yang Lemah

    Mobil membutuhkan pompa bensin sebagai komponen yang vital dalam sistem mesinnya. Pompa bensin berfungsi untuk menyalurkan isinya dari tangki dibagian bawah ke komponen yang membutuhkan. Pompa bensin pada mobil memiliki dua jenis yaitu mekanik dan elektrik. Hal yang membedakannya adalah kinerja pada putaran dan dayanya.

    Pompa bensin mekanik biasanya sering mengalami kebocoran ataupun gangguan lainnya. Hal ini bisa membuat oli pada pompa keluar dari sistemnya. Berbeda halnya dengan masalah pada pompa bensin elektrik yang dayanya bisa melemah. Masalah ini bisa membuat bensin cepat habis. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti pompa yang baru.

  2. Filter Bensin yang Macet

    Filter bensin pada mobil berfungsi untuk menyaring kotoran pada kandungan bahan bakar tersebut supaya tidak menyumbat injektor serta masuk ke bagian ruang mesin. Filter bensin yang macet bisa menyebabkan gangguan pada alirannya. Hal ini bisa juga membuat kerusakan pada komponen mesin lainnya.

    Cara untuk mengatasi masalah ini adalah membersihkan salurannya dengan memasukkan bensin dari tempat masuknya filter, kemudian kocok lalu keluarkan. Jangan menyemprotkan angin pada tekanan tinggi karena filter bensin biasanya terbuat dari bahan berupa kertas yang bisa rusak kapan saja. Jika masalah berkelanjutan maka gantilah filter bensinnya dengan yang baru.

  3. Injektor yang Mampet

    Mampetnya komponen injeksi pada mesin bisa menyebabkan bensin tidak dapat masuk ke bagian pembakaran. Kondisi ini bisa diidentifikasi dengan ringan atau tidak kerusakannya. Jika dinilai masih ringan anda cukup membersihkan injektornya dengan menyemprotkan cleaner pada bagian tersumbatnya.

    Masalah ini jika dibiarkan akan membuat mesin mobil ndut ndutan di rpm rendah. Maka jika anda melihat injektor tersumbat dalam keadaan parah segera bawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan penanganan khusus.

  4. Filter Udara Kotor

    Filter yang sudah kotor akan sangat menghambat sirkulasi udara yang dibutuhkan untuk mencampur bahan bakar. Filter udara biasanya masih bisa dibersihkan dengan menyemprotkan angina yang bertekanan tinggi dalam keadaan arah berlawanan. Jika kondisinya sudah parah maka filter harus diganti untuk meminimalisir kerusakan.

  5. Kebocoran pada Selang Vakum

    Karburator mempunyai beberapa selang vakum yang berfungsi untuk idle-up pada sistem AC mobil, dashpot, dan power steering. Kebocoran pada selang vakum bisa menyebabkan masalah rpm tidak stabil sehingga menjadi naik turun. Kondisi ini bisa menjadi parah dan menyebabkan gejala aneh pada mesin.

    Mesin mobil ndut ndutan di rpm rendah juga bisa menjadi indicator masalah bahwa ada kebocoran pada selang vakum. Masalah ini bisa diatasi dengan melakukan pengecekan pada selang tersebut. Jika dinilai selang vakum mengalami kerusakan parah segera bawa ke bengkel untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dokter Mobil

Jika anda membutuhkan bengkel mobil yang dapat menyelesaikan masalah ini dengan cepat dan memuaskan, silahkan menghubungi Dokter Mobil.

Sebagai bengkel mobil dengan pengalaman lebih dari 8 tahun di dunia otomotif, Dokter Mobil dapat memberikan solusi tanpa membawa masalah-masalah lainnya. Silahkan menghubungi Dokter Mobil di alamat/kontak berikut ini:

KELAPA GADING CIBUBUR SERPONG BEKASI
Jalan Boulevard Raya Kawasan Niaga Citra Gran RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya,
Blok QJ1 No.17 Blok R6 No 6 blok Orange no.5 Depan Pintu Tol Ramp Off
Kelapa Gading Jl. Alternatif Km 4 Gading Serpong Tol Becakkayu – Pondok Kelapa
☏ (021) 2245 4429 ☏ 085817653292 ☏ 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887
WA : 087787133366 WA : 085817653292 WA : 0813-1991-2289 WA : 087887589899

Apapun mobilnya, masalah tenaga mesin mobil ndut ndutan Dokter Mobil bengkelnya.

Tags:

About Author