Posted by Dokter Mobil bengkel mobil, tenaga mobil

Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat Langsam dan Cara Memperbaikinya

Beberapa penyebab mesin mobil bergetar saat langsam adalah busi mobil dan setelan mesin yang tidak normal. Namun masalah ini tidak serta merta selesai dengan setting ataupun penggantian spare part. Perlu perbaikan yang tepat pada sasaran.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki mobil yang bagus dan nyaman digunakan? Hal ini tentu sangat diinginkan oleh sebagian besar orang. Satu hal yang harus anda perhatikan adalah anda harus rajin dalam merawatnya dan melakukan tune up. Oleh karena itu, perawat mobil sangatlah penting bagi kesehatan mobil anda dan mencegah mesin mobil bergetar saat langsam.

Perawatan mobil secara rutin dapat menjadikan mobil anda terbebas dari berbagai masalah seperti mobil bergetar, mogok, kerusakan saringan udara, mobil tersendat, mencegah mobil bergetar saat langsam dan lain – lain. Anda dapat mengendarai mobil anda dengan nyaman dan aman.

Penyebab Umum Mesin Mobil Bergetar saat Langsam

Berikut ini merupakan beberapa penyebab dari mesin mobil bergetar saat langsam:

Busi mobil lemah atau mati

Busi memiliki banyak peran penting bagi mobil anda. Salah satunya adalah sebagai pemercik bunga api yang dapat menghasilkan tenaga. Apabila bunga api kecil maka pr9oses pembakaran tidak sempurna sehingga menyebabkan timbulnya getaran.

Nozzle Kotor

Nozzle itu sangat penting untuk menyemprotkan bahan bakar saat terjadi kompresi. Pembakaran yang tidak sempurna dapat menimbulkan getaran. Solusinya adalah dengan membersihkan bagian nozzle agar tidak kotor sehingga mesin anda menjadi bersih dan nyaman saat digunakan.

Setelan mesin tidak cocok

Hal ini menyebabkan timbul getaran yang membuat anda tidak nyaman saat mengendarai mobil. Setelan mesin yang tidak sempurna mengakibatkan getaran sehingga berefek pada irama mesin yang kurang stabil. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan tune up mobil anda secara rutin.

Terjadi kerusakan pada engine mounting

Engine mounting dapat berfungsi sebagai peredam getaran pada mobil. Saat engine mounting bermasalah maka getaran medin dapat mencapai ke kabin karena getaran tidak dapat dikendalikan oleh engine mounting.

Piston engine bergerak – gerak

Piston yang sudah aus dapat menjadikan arah gerakan dari piston berubah dan tidak tegak lurus. Pada kondisi tersebut anda harus mengganti pistonanda.

Cara Mengatasi Mesin Mobil yang Bergetar saat Langsam

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi mesin mobil bergetar saat langsam:

Mengecek busi

Busi merupakan salah satu komponen terpenting pada mobil anda. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan apabila salah satu bagian dari busi anda rusak maka akan membuat mesin mobil anda bergetar.

Selain itu, anda juga harus mengecek pengapian. Apabila warna api biru menandakan bahwa mobil anda aman. Namun apabila api berwarna kuning atau merah menandakan bahwa anda harus segera mengganti busi mobil anda.

Mengatur bagian engine mounting

Salah satu cara untuk mengecek bahw bagian engine mobil anda masih bagus adalah dengan melihat apakah kinerjanya masih bagus atau tidak. Ciri – cirinya adalah karet dan baut engine mounting tidak goyang saat mesin mobil dihidupkan.

Namun apabila ditemukan engine mobil yang bergetar maka segera anda ganti engine mounting pada mobil anda dan membawanya ke bengkel. Jika tidak segera diatasi maka dapat memicu rusaknya mesin mobil anda.

Memperbaiki karburator

Cara untuk memperbaiki adalah dengan mengecek valve dan idle yang terdapat di dalam karburator. Jika terjadi kerusakan pada karburator maka segeralah anda bawa mobil ke bengkel. Cara mengeceknya adalah dengan menyetel valve dan idle.

Mesin mobil dinyalakan lalu dimatikan lagi mesin mobilnya. Jika anda menemukan bensin pada karburator mesin anda maka alangkah baiknya jika mobil anda bawa ke bengkel sehingga akan mendapatkan perawatan yang intensif.

Tune up mobil

Tune up mobil berfungsi sebagai salah satu sarana untuk merawat mobil anda. Jika anda rajin tune up mobil anda maka mobil anda dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada mesin.

Dokter Mobil – Spesialis Masalah Mesin Mobil

Perbaikan masalah ini tidaklah mudah. Oleh sebab itu, solusi yang paling mudah adalah dengan mempercayakan service mobil kepada ahlinya. Dokter Mobil adalah spesialis masalah mesin untuk berbagai jenis mobil.

Adapaun beberapa kelebihan dari Dokter Mobil antara lain adalah:

  • Mekanik yang handal dan berpengalaman lebih dari 5 tahun
  • Peralatan bengkel yang lengkap dan canggih dan dengan mesin-mesin berteknologi terbaru
  • Pengerjaan yang cepat, langsung ke titik masalah, teliti, dan dengan hasil yang memuaskan
  • Garansi service uang kembali

Jika anda membutuhkan jasa Dokter Mobil, silahkan kunjungi cabang Dokter Mobil yang terdekat di bawah ini:

KELAPA GADING CIBUBUR
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Telp (021) 2245 4429 Jl. Alternatif Km 4
Chelsea : 087787133366 ☏ 085817653292
   
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
blok Orange no.5, Gading Serpong (Dekat Pintu Tol Becakayu)
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887 | WA : 087887589899

Apapun mobilnya, solusi untuk masalah yang menjadi penyebab mesin mobil bergetar saat langsam ya cuma ada di Dokter Mobil.

Tags:

About Author