Merawat AC Mobil Indonesia - Dokter Mobil
 
Posted by admin Uncategorized

Merawat AC Mobil Indonesia

AC mobil merupakan aksesoris mobil yang sudah tidak hanya sekedar menjadi aksesoris saja dimana AC Mobil Indonesia juga merupakan bagian pokok dalam mobil yang tidak bisa hilang dalam penggunaan sehari hari. Penggunaan AC dalam berkendara sangat mempengaruhi kenyamanan pengendara serta penumpangnya. Dengan menggunakan AC dalam mobil, kondisi atau suhu udara di dalam ruangan mobil bisa di atur dengan ketentuan tertentu. Tanpa AC, keadaan cuaca yang panas akan sangat mengganggu keadaan dalam ruangan mobil. Dengan adanya AC juga dapat membantu pendinginan mesin dimana komponen AC yang merubah suhu udara panas menjadi dingin yang biasa disebut sebagai condenser diletakan di dekat bagian radiator.

Untuk diketahui, bagi masyarakat awam yang tidak begitu mengenal komponen dalam instalasi AC mobil Indonesia, terdapat enam komponen utama yang penting dalam instalasi AC mobil. Diantaranya dalan, Condenser, Compressor, switch on/off, expansion valves, filter dan evaporator & blower. Nah, dalam proses bekerjanya AC dalam mobil, semua tergantung pada switch on/off dimana pada saat kita menekan tombol on/off, magnet yang terhubung dengan compressor akan menyuruh compressor menekan udara dan Freon agar dapat menjadi dingin melalui condenser. Selanjutnya, udara yang dingin akan di keluarkan lewat evaporator dan blower. Nah, jika terjadi masalah tentang AC mobil kita, pasti ada masalah dengan komponen yang ada dalam instalasi AC mobil.

Untuk mengetahui masalah yang terjadi pada AC mobil Indonesia, ada beberapa cara untuk membuat AC mobil kita lebih awet dalam penggunaannya. Yang pertama adalah dari condenser dimana kita harus merawatnya dengan cara sering membersihkannya. Cara membersihkan condenser adalah dengan cara menyemprotkan air ke bagian yang menyerupai sirip. Jika condenser kotor, proses pendinginan akan menjadi tidak sempurna dan akibat yang ditimbulkan adalah kerusakan seal karet yang ada pada sambungan saluran pipa. Yang selanjutnya adalah evaporator. Evaporator juga penting untuk selalu dibersihkan. Namun, dalam membersihkan evaporator, kita membutuhkan sikat khusus. Pembersihan evaporator ini bertujuan untuk membantu proses penyerapan suhu panas di dalam mobil menjadi lebih baik sehingga membuat AC mobil menjadi tetap sejuk seperti yang seharusnya.

Merawat AC Mobil

Kebiasaan juga sangat berpengaruh terhadap awet atau tidaknya AC Mobil kita. Menurut sumber yang dipercaya seperti media AC mobil Indonesia, kebiasaan penggunaan AC serambi membuka jendela mobil akan sangat berpengaruh terhadap kinerja compressor. Dengan terbukanya kaca mobil, kerja compressor akan menjadi berat dimana akibat yang timbul jika kebiasaan ini sering dilakukan adalah sama halnya dengan jika kita tidak membersihkan condenser AC. Jadi, kurangi kebiasaan membuka kaca jendela pada saat AC masih menyala. Jika anda merasa sudah cukup dingin tanpa AC, lebih baik matikan saja AC dan buka jendela mobil.

 baca juga : Bagaimana Cara AC Mobil Keluar Asap

Saluran pembuangan AC. Ini juga menjadi bagian yang menjadikan masalah pada mobil. Mungkin saja ini menjadi masalah yang sepele bagi kebanyakan orang. Namun, jangan salah, seperti masalah kecil yang tidak diselesaikan, hal ini bisa berakibat lebih buruk kedepannya. Saluran pembuangan AC yang tersumbat akan mengakibatkan air menetes dibawah dashboard. Biasanya karpet akan menjadi sasaran empuk bocoran air AC. Dengan basahnya karpet, akan timbul jamur pada karpet dan bau dari jamur akan tercium. Sering sering bersihkan saluran pembuangan AC untuk tetap melancarkan air pembuangan AC seperti yang seharusnya. AC mobil Indonesia sangat disarankan untuk membawa ke bengkel yang terpercaya untuk merawat AC mobil kita.

Dokter Mobil
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Tags:

About Author