Kondensor AC Mobil Bocor dan Cara Mengatasinya - Dokter Mobil
 
Posted by admin Uncategorized

Kondensor AC Mobil Bocor dan Cara Mengatasinya

Bengkel Ac Mobil – Bagi para pengguna mobil khususnya di kota – kota besar, AC merupakan kebutuhan pokok pada setiap mobilnya. Hal ini tentu saja berkaitan dengan suhu udara di kota – kota besar yang cenderung memiliki temperature yang tinggi. Belum lagi masalah keamanan yang mengharuskan para pengemudi untuk menutup kaca mobil mereka, tentu akan amat sangat menyiksa jika mobil – mobil tersebut tidak menggunakan AC sebagai salah satu komponennya atau pada saat AC tersebut bermasalah. Solusi paling mudah untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membawanya ke bengkel AC mobil. Namun pada saat anda melakukan perbaikan, tidak jarang ada beberapa oknum yang memanfaatkan masalah anda untuk mendapatkan keuntungan sebesar – besarnya.

Baca Juga : Cara Merawat AC Mobil Sendiri

Biasanya bengkel – bengkel AC mobil yang tidak bertanggung jawab tersebut langsung menyuruh anda mengganti komponen yang sebenarnya masih bisa diperbaiki. Oleh karena itu ada baiknya anda sedikit mengetahui mengenai beberapa komponen AC mobil tersebut. Salah satu komponen yang sangat penting pada AC yakni kondensor. Kondensor merupakan salah satu komponen AC yang berfungsi untuk menurunkan suhu refrigerant yang berbentuk gas dan bersuhu tinggi serta terjadinya proses kondensasi. Proses kondensasi berarti merubah freon yang berbentuk gas menjadi bentuk cair. Pendingingan pada kondensor biasanya memanfaatkan fan dan ekstra fan serta udara yang berasal dari bagian depan mobil ketika mobil berjalan.

Kondensor

Pada umumnya kondensor AC mobil terletak dibagian depan mobil serta berdekatan dengan radiator. Namun ada juga kondensor yang tempatnya terpisah dari radiator sehingga membutuhkan extra fan untuk memaksimalkan pendinginan refrigerant atau freon tadi. Sebagai salah satu komponen pada AC mobil, maka kondensor juga tidak luput dari kerusakan. Salah satu kerusakan yang sering terjadi adalah kebocoran pada kondensor AC mobil. Kebocoran tersebut tentu akan mengganggu siklus pendinginan sehingga peforma AC akan berkurang. Jika kondensor bocor, maka akan mengurangi jumlah freon pada sistem pendingin tersebut dan kerja AC akan semakin berat dan jika kebocoran tersebut tidak lagsung diatasi, maka seirng dengan berjalannya waktu AC akan rusak secara keseluruhan.

Artikel Lainnya : Cara Kerja Sistem AC Mobil

Penyebab dari kebocoran pada kondensor AC mobil tersebut biasanya karena faktor usia sehingga kondensor berkarat dan akhirnya bocor. Namun sebenarnya masa pakai kondensor dapat dikatakan cukup lama dan bahkan pada saat mencapai 500.000 Km belum tentu kondensor tersebut keropos dan bocor. Pada sebagian besar kasus yang pernah kami tangani, kebocoran tersebut lebih cenderung terjadi akibat kecelakaan atau berbenturan dengan benda keras. Jadi pada kesimpulannya kondensor memiliki keawetan yang dapat dikatakan bagus karena masa pakainya yang cukup lama. Mengingat betapa pentingnya kondensor bagi sistem pendinginan mobil anda, maka jangan sampai anda menyepelekan kebocoran pada kondensor AC mobil tersebut.

Untuk mengatasi masalah kondensor AC mobil bocor, anda dapat menggunakan jasa kami, Dokter Mobil Spesialist AC mobil Kelapa Gading Jakarta Utara yang telah berpengalaman serta berkompeten dalam menangani segala jenis masalah pada AC mobil termasuk kondensor AC mobil bocor dan yang paling penting dapat anda percayai. Kami akan memberikan data yang valid mengenai kondisi kondensor AC mobil anda sehingga anda dapat menentukan apakah anda akan menambalnya saja atau akan mengganti kondensor tersebut. Tentunya kami akan memberikan saran yang tepat sehingga kondensor AC mobil anda akan berfungsi secara normal agar AC mobil anda mampu memberikan hawa sejuk pada saat anda berkendara.

Dokter Mobil
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Tags:

About Author