Posted by Dokter Mobil bengkel mobil, Mesin, tenaga mobil

Faktor Penyebab Starter Mobil Berat dan Sulit Nyala

Mengatasi Penyebab Starter Mobil Sulit Dinyalakan dan Hanya Bunyi Cetek Cetek

Masalah kelistrikan merupakan penyebab starter mobil terasa berat dan sulit dinyalakan. Namun ada sebab lainnya yang perlu anda ketahui. Apa saja itu? Artikel berikut ini semoga dapat menjadi jawabannya.

Ketika anda terburu-buru, akan sangat mengesalkan ketika mobil ternyata sulit hidup/nyala. Emosi rasanya tidak tertahankan. Namun tunggu dulu.

Anda perlu mengetahui apa saja faktor penyebab masalah ini. Dengan demikian anda tahu:

  • Cara mengatasi masalah starter mobil yang berat
  • Cara mencegah terjadinya masalah ini

Nah, oleh sebab itu, anda perlu tahu faktor penyebab mobil sulit distarter. Apa saja? 

Faktor Penyebab Starter Mobil Berat atau Sulit Dihidupkan

Cukup banyak faktor penyebab terjadinya kendala pada starter mobil ini. Namun umumnya terjadi karena 5 sebab utama, yaitu:

Aki yang Melemah (Tekor)

Starter mobil bekerja dari kelistrikan yang dihasilkan oleh aki mobil. Namun jika daya kelistrikannya sudah melemah, starter mobil akan mulai menunjukkan gejala seperti:

  • starter mobil terasa berat
  • sulit untuk dihidupkan
  • starter mobil mati

Untuk mengetahui bahwa masalah pada starter mobil anda disebabkan oleh melemahnya aki, anda dapat mengecheck sisa tegangan aki menggunakan multimeter ataupun voltmeter.

Solusi untuk aki yang melemah adalah dengan melakukan ganti aki mobil. Namun jika masalah starter mobil berat tidak juga teratasi, mungkin karena adanya kerusakan lain yang perlu anda perbaiki.

Busi Mobil yang Sudah Tidak Layak

Busi yang sudah tua, kotor, ataupun berkarat dapat menyebabkan pembakaran dan kelistrikan mobil bermasalah. Dan akibatnya, starter mobil akan lebih berat dan sulit nyala.

Untuk mengatasi hal ini umumnya tidaklah terlalu sulit. Cukup ganti busi mobil saja. Namun jika ternyata starter mobil tetap belum normal, mungkin ada komponen lainnya di mobil yang bermasalah.

Saluran Bensin yang Tidak Lancar

Sebaik apapun kondisi starter mobil, namun jika bahan bakar tidak masuk ke saluran pembakaran, starter mobil akan terasa berat. Bagaimana tidak. Suplay bahan bakar tidak optimal.

Ada beberapa alasan mengapa aliran bensin ini melemah, di antaranya adalah:

  • Penyumbatan di selang bensin
  • Kebocoran pada selang bensin
  • Pompa bensin yang melemah

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya sangat mudah. Cukup perbaiki saluran bensin pada mobil anda.

Kerusakan pada Starter Mobil

Kerusakan ini biasanya terjadi pada komponen kabel. Akibatnya, aliran listrik yang masuk tidak sesuai dengan kebutuhan yang seharusnya. Akibatnya, anda jadi kesulitan ketika hendak menyalakan mobil.

Untuk kasus ini, anda perlu untuk membawa mobil ke bengkel agar dicheck apakah starter mobilnya masih baik. Namun kasus ini tidak terlalu sering terjadi. Dan walaupun menimpa anda, biaya ganti dan pasangnya tidak terlalu tinggi.

Selain karena masalah di kabel, sensor WTS yang rusak juga dapat menjadi penyebab starter mobil berat dan mesin sulit dihidupkan. Masalah ini sering dialami oleh mobil bermesin injeksi.

Solusi satu-satunya untuk masalah ini adalah dengan melakukan penggantian sensor WTS.

Banjir di Sistem Karburator

Adanya banjir di karburator mobil akan menyebabkan mesin mobil tidak mau menyala. Starter mobil anda tidak bermasalah, namun memang mesin mobil anda yang bermasalah.

Untuk mengecheck apakah benar karburator banjir, maka anda perlu melakukan turun setengah mesin. Biaya perbaikannya memang cukup tinggi. Namun perlu anda lakukan.

Mencegah Terjadinya Kasus Mobil yang Tidak Bisa Distarter

Pada dasarnya hanya ada 2 penyebab starter mobil berat, yaitu masalah kelistrikan mobil dan masalah di mesin mobil. Untuk itu, anda perlu untuk:

  • Menjaga Kelistrikan Mobil agar Tetap Stabil
    Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan volt stabilizer. Dengan alat ini, tidak hanya starter mobil lebih awet, namun juga aki mobil lebih tahan lama.Tidak banyak volt stabilizer berkualitas yang dijual di pasaran. Namun 2 yang terbaik adalah JS One dan R-Project.Dengan alat ini, tidak hanya kelistrikan mobil yang lebih stabil, namun juga tenaga, akselerasi, dan kecepatan mobil yang meningkat (tanpa meningkatkan konsumsi BBM).
  • Menjaga Mesin Mobil agar Tetap Prima
    Cara yang terbaik adalah dengan tune up mobil di Dokter Mobil. Dengan tune up, mobil akan kembali seperti baru.
Faktor Penyebab Starter Mobil Terasa Berat dan Cara Mengatasinya
Faktor Penyebab Starter Mobil Terasa Berat dan Cara Mengatasinya

Di mana anda mendapatkan tune up dan volt stabilizer? Dokter Mobil adalah jawabannya.

Dokter Mobil sebagai Solusi Terbaik

Pastikan sumber penyebab starter mobil berat benar-benar teratasi. Untuk mendapatkan kepastian tersebut, silahkan kunjungi Dokter Mobil yang beralamat di:

KELAPA GADING CIBUBUR
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Telp (021) 2245 4429 Jl. Alternatif Km 4
Chelsea : 087787133366 ☏ 085817653292
   
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
blok Orange no.5, Gading Serpong (Dekat Pintu Tol Becakayu)
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887 | WA : 087887589899

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan kirimkan melalui kolom komentar di bawah ini. Terimakasih.

Tags:

About Author