Penyebab Dan Cara Mengatasi Evaporator AC Mobil Bocor - Dokter Mobil
 
Posted by admin Uncategorized

Penyebab Dan Cara Mengatasi Evaporator AC Mobil Bocor

Service AC Mobil – Sebagai salah satu faktor pemberi kenyamanan dalam berkendara, AC telah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap pengendara mobil khususnya para pengendara mobil pada daerah yang memiliki suhu udara cukup panas seperti di Indonesia. Anda dapat membayangkan betapa tidak nyamannya ketika anda berkendara pada suatu hari yang amat sangat terik apalagi saat terjebak kemacetan yang umum terjadi di kota – kota besar di Indonesia an AC mobil anda tidak berfungsi dengan baik. Kabin mobil pasti akan terasa seperti ruang sauna karena hawa panas dari luar kabin akan masuk dan mempengaruhi temperature di dalam kabin tersebut. Tentunya anda tidak ingin mengalami masalah tersebut bukan?

EvapSebagai salah satu faktor pemberi kenyamanan dalam berkendara, AC telah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap pengendara mobil khususnya para pengendara mobil pada daerah yang memiliki suhu udara cukup panas seperti di Indonesia. Anda dapat membayangkan betapa tidak nyamannya ketika anda berkendara pada suatu hari yang amat sangat terik apalagi saat terjebak kemacetan yang umum terjadi di kota – kota besar di Indonesia an AC Mobil anda tidak berfungsi dengan baik. Kabin mobil pasti akan terasa seperti ruang sauna karena hawa panas dari luar kabin akan masuk dan mempengaruhi temperature di dalam kabin tersebut. Tentunya anda tidak ingin mengalami masalah tersebut bukan?

Artikel Lainnya : Cara Merawat AC Mobil Sendiri

Pada dasarnya untuk menjaga AC agar tetap berfungsi dengan baik adalah dengan cara melakukan perawatan dan service secara berkala. Tentu saja service dan perawatan tersebut bertujuan untuk merawat dan mengecek komponen – komponen AC apakah bermasalah atau tidak. Service serta perawatan tersebut sangat penting dilakukan, pasalnya jika ada salah satu saja dari komponen – komponen penyusun AC rusak, maka AC tidak akan bekerja secara maksimal atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Pada kesempatan kali ini, Dokter Mobil sebagai specialist AC mobil akan sedikit berbagai mengenai salah satu masalah pada AC yakni Evaporator AC Mobil Bocor dengan pertimbangan bahwa Evaporator merupakan salah satu komponen pokok pada sistem pendingin tersebut.

Evaporator AC Mobil Bocor akan berpengaruh langsung pada sistem pendinginan kabin mobil anda. Mengapa demikian? Evaporator berfungsi untuk menyalurkan dingin pada kabin mobil setelah menerima proses pengembunan refrigerant atau Freon yang berasal dari sistem kerja ekspansi. Jika diibaratkan pada manusia, Evaporator adalah paru – paru yang memompa udara baik ke seleruh tubuh manusia. Saking pentingnya fungsi dari evaporator AC mobil, masalah – masalah pada AC kebanyakan bermula pada masalah pada evaporator AC tersebut dan salah satu masalah yang sering ditemui adalah Evaporator AC Mobil Bocor. Akibat kebocoran tersebut, beberapa masalah seperti AC yang tidak dingin, panas dan berbau gosong atau berbau gas (Freon) dapat terjadi pada AC mobil anda.

Penyebab Evaporator AC Mobil Bocor sebenarnya sangat berkaitan dengan service dan perawatan secara rutin seperti yang telah dijelaskan di atas. Namun untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa penyebab Evaporator AC Mobil Bocor.

  1. Kurangnya perawtaan pada evaporator sehingga evaporator menjadi kotor dan berdebu, bahkan dibeberapa kasus di dalam evaporator akan terdapat semacam lendiri atau gel. Jika hal demikian terjadi, maka sudah tentu evaporator akan mudah terkorosi dan akhirnya bocor.
  2. Tekanan freon yang berlebihan juga dapat menyebabkan Evaporator AC Mobil Bocor. Namun hali ini sangat jarang terjadi.
  3. Hal paling mendasar dari penyebab Evaporator AC Mobil Bocor adalah usia pemakaian. Sebagai besar kasus kebocoran terjadi pada mobil yang telah berusia tua.

Baca Juga : Cara Mengisi Freon AC Mobil

Itulah sedikit ulasan mengenai Evaporator AC Mobil Bocor yang menjadi masalah pada AC mobil. Untuk menjaga keawetan serta fungsi evaporator anda, pastikan anda menservicenya secara berkala. Aplikasikanlah filter kabin untuk menyaring kotoran – kotoran serta debu yang mungkin tersedot ke dalam evaporator sehingga menjaga evaporator tetap bersih. Jika telah bocor, ada baiknya anda mengganti evaporator anda dengan yang baru karena jika di las saja maka kebocoran akan kembali terjadi di titik – titik lainnya sehingga akan menyusahkan anda pada saat berkendara.

 

Tags:

About Author

 
Mohon Tunggu..

Gratis !!! Dapatkan Treatment Cuci AC & Evaporator GRATIS Mobil tanpa persyaratan apapun.

Silahkan isi form di bawah ini: