Posted by admin Uncategorized

Carbon Clean Pengganti Turun Mesin dan Menambah Tenaga

Liqui MolyBila mendengar kata turun mesin pada sebuah kendaraan, biasanya yang terbayang di benak kita adalah tingkat kerusakan yang sudah cukup parah serta biaya yang tidak sedikit. Tapi sebenarnya untuk kerusakan-kerusakan yang sifatnya menengah seperti mulai berkurangnya tenaga kendaraan, performa yang semakin menurun serta mungkin banyak bermunculannya kerak-kerak karbon sisa hasil pembakaran bahan bakar yang menempel pada permukaan piston mesin, perlakuan turun mesin bisa saja diberikan terhadap sebuah kendaraan.

Walaupun biasanya proses untuk mengatasi masalah sedang ini tidak harus sampai melakukan turun mesin secara penuh, yaitu hanya dilakukan pada bagian atas ruang pembakaran mesin atau istilahnya sering disebut sebagai top overhaul, namun tetap saja biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan proses ini tidaklah sedikit. Agar terhindar dari masalah yang mungkin bisa menyebabkan turun mesin maka:

 

  • Lakukan pengecekan secara teratur terhadap performa mesin serta pelumasannya, ini akan menjaga agar pembakaran dan pergerakan yang dilakukan oleh komponen-komponen dalam mesin tetap terjaga dengan baik,
  • Tidak menyalakan kendaraan ketika terjadi keadaan over heating, kendaraan terendam air hingga ketinggian knalpot dan mesin mati serta ketika bahan bakar sudah habis hingga menyebabkan mesin mati,
  • Jangan mengabaikan munculnya lampu peringatan yang biasanya menyala pada display kendaraan. Segera lakukan pemeriksaan menyeluruh mengenai penyebab munculnya tanda tersebut.

 

Untuk masalah tenaga kendaraan yang sudah jauh menurun ketika dibandingkan saat pertama kali membelinya, ada banyak penyebab yang bisa menjadi sumber masalahnya. Mulai dari usia kendaraan hingga pada terdapatnya kerak karbon pada ruang pembakaran mesin yang sulit untuk dibersihkan dengan cleaner biasa. Kerak karbon yang merupakan hasil dari tidak sempurnanya sebuah proses pembakaran pada kendaraan, biasanya menempel pada bagian permukaan piston mesin. Ini mengakibatkan pergerakan piston tidak bisa lagi sempurna yang berakibat pada performa mesin yang agak mengecewakan.

Bila tumpukan ini sudah sedemikian susah dihilangkan, biasanya saran satu-satunya adalah dengan melakukan turun mesin. Namun bila Anda kurang setuju dengan cara tersebut, saat ini telah ada sebuah cara untuk menggantikan kegiatan turun mesin yang bernama carbon clean. Keuntungan dari penggunaan cara ini yang sering atau banyak dirasakan oleh pengguna kendaraan seperti:

 

  1. Biayanya jauh lebih murah daripada harus melakukan turun mesin yang bisa menghabiskan dana hingga puluhan juta,
  2. Waktu yang diperlukan juga relatif singkat yaitu antara 60-90 menit pengerjaan. Bandingkan dengan turun mesin yang bisa memakan waktu hingga berhari-hari,
  3. Hasil yang diraih bisa sangat optimal yaitu performa mesin yang jadi lebih bertenaga, responsif serta tambah irit penggunaan bahan bakar. Inilah yang banyak disukai oleh pengguna kendaraan.

 

Proses pengerjaan carbon clean ini juga tidaklah terlalu rumit, asalkan memang kita memiliki peralatan yang sudah terstandarisasi dan lengkap. Namun tetap disarankan agar menggunakan jasa bengkel yang memang menyediakan perawatan kendaraan menggunakan sistem ini, untuk menghindari kesalahan proses yang bisa berakibat pada kerusakan ruang pembakaran mesin.

 

Bila proses carbon clean ini telah selesai dilakukan maka pasti performa kendaraan akan kembali normal demikian juga untuk penggunaan bahan bakarnya. Namun agar performa tersebut lebih maksimal lagi, penggunaan peralatan seperti JS One Power Booster tentu juga sangat disarankan. Alat ini selain mampu menaikkan performa kendaraan pada level maksimal, juga akan memengaruhi kinerja kelistrikan kendaraan sehingga lebih efektif dan tidak membuat accu mudah tekor. Performa yang maksimal tentu saja akan membuat kendaraan lebih hemat bahan bakar dan pengeluaran pastinya.

Dokter Mobil
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Tags:

About Author