Fungsi, Jenis & Cara Perawatan Filter Udara Pada Mobil - Dokter Mobil
 
Posted by admin Uncategorized

Fungsi, Jenis & Cara Perawatan Filter Udara Pada Mobil

Service AC Mobil – Fungsi Filter Udara Pada Mobil merupakan salah satu kendaraan yag saat ini banyak digunakan dalam beraktivitas sehari – hari baik itu untuk bepergian, bekerja, mengirimkan barang dan lain sebagainya. Sebagai salah satu kendaraan, mobil merupakan rangkaiaan dari beberapa komponen yang menjadi satu sehingga memungkinkan mbil untuk bergerak. Sebagai salah satu pengguna mobil, tentu sedikit mengerti mengenai beberapa komponen – komponen mobil sangat dibutuhkan untuk menjaga merawat dan mengatasi masalah – masalah yang umum terjadi. Jika anda sama sekali tidak mengetahui komponen – komponen mobil anda, maka dapat dipastikan jika mobil anda tidak terawatt dengan benar bahkan dapat mengurangi fungsi mobil sebagai salah satu alat transportasi akibat kerusakan yang mungkin timbul.

Salah satu komponen yang sering disepelekan dan kebanyakan orang tidak mau tahu adalah filter udara pada mobil. Lalu apa fungsi dari filter udara pada mobil tersebut dan seperti seberapa pentingkah keberadaannya pada mobil? Nah pada kesempatan kali ini Dokter Mobil akan sedikit berbagai pengetahuan mengenai Fungsi Filter Udara Pada Mobil dan pentingnya keberadaan komponen tersebut.

Fungsi Filter Udara

Filter Udara

Filter udara adalah salah satu komponen pada mobil yang terletak atau melekat bersama mesin mobil. Fungsi Filter Udara Pada Mobil yakni melindungi ruang bakar dari kotoran yang mungkin masuk bersama udara atau secara sederhana berguna untuk menyaring kotoran yang tersedot bersama udara. Filter udara terbuat dari kertas khusus atau kasa (pada filter udara racing). Dilihat dari fungsinya, filter udara memiliki peranan yang sangat penting bagi mesin mobil. Ketika mesin bekerja, maka vacuum akan menyedot udara sebagai salah satu syarat terjadinya pembakaran pada ruang bakar selain bahan bakar dan titik api. Udara tersebut biasanya mengandung partikel – partikel kecil seperti debu. Partikel – partikel tersebut jika dibiarkan masuk ke dalam ruang bakar, maka akan berpotensi merusak mesin.

Untuk mencegah partikel – partikel kecil tersebut, maka pada saat udara tersebut tersedot ke dalam ruang bakar sebelumnya akan melewati filter udara dan disaring sehingga udara akan lebih bersih. Jadi filter udara tersebut akan membersihkan berbagai partikel – partikel kecil yang mengancam mesin mobil anda. Filter udara memiliki kemampuan mencegah partikel – partikel kecil masuk ke dalam ruang bakar dengan presentase 99%. Namun seiring berjalannya waktu, maka kotoran dan partikel – partikel lainnya akan menumpuk sehingga filter udara akan tersumbat. Jika filter udara telah tersumbat, maka udara yang masukpun akan terganggu sehingga mempengaruhi efektivitas dan kinerja mesin mobil anda. Untuk itulah sangat dianjurkan untuk memeriksa filter udara dan menggantinya jika memang telah benar – benar kotor.

Dalam memilih filter udara, sebaiknya anda berkonsultasi pada bengkel kepercayaan anda. Saat ini banyak sekali jenis dan merk filter udara yang dapat anda temukan di pasaran sehingga cukup sulit untuk memilih filter udara yang berkualitas. Selain itu pada saat anda memilih filter udara yang tepat, pastikan selalu bahwa filter udara yang anda pilih asli dan berkualitas untuk menjamin peforma mesin mobil anda. Itulah sedikit uraian mengenai fungsi filter udara pada mobil dan semoga dapat menambah wawasan anda. meskipun terlihat kecil dan sepele, namun fungsi dari filter udara tersebut tidak dapat anda remehkan. Tanpa adanya filter udara, maka udara yang masuk ke dalam ruang bakar mobil anda merupakan udara kotor dan sangat berpotensi mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil anda.

 

Tags:

About Author

 
Mohon Tunggu..

Subscribe Kami dan Dapatkan Info Menarik Lainnya

Kesempatan bagi 100 orang pertama di bulan Maret Gratis Cuci AC Mobil Dokter Mobil memberikan kesempatan terbatas bagi 100 orang pertama pada bulan Maret 2017 untuk mendapatkan Treatment Cuci AC & Evaporator GRATIS Mobil tanpa persyaratan apapun. Promo ini berlaku mulai dari 6 Maret - 31 Maret 2017. Buruan daftar sekarang dengan mengisi form email dibawah ini . SEKARANG !