Cara Merawat AC Mobil Sendiri - Dokter Mobil
 
Posted by admin Uncategorized

Cara Merawat AC Mobil Sendiri

Bengkel Mobil Melakukan perawatan pada AC mobil secara menyeluruh memang membutuhkan keahlian serta ketrampilan khusus mengingat AC mobil merupakan sistem yang dapat dikatakan cukup rumit. Namun perawatan sederhana untuk membuat AC lebih awet dapat anda lakukan sendiri dan caranya cukup terbilang sederhana. Untuk membantu anda dalam merawat AC mobil sendiri, Dokter Mobil akan memberikan beberapa cara mudah dan sederhana. AC mobil terdiri dari beberapa komponen yang tersusun menjadi satu sebagai sistem yang dapat mendinginkan kabin, secara sederhana dapat dikatan sistem pendingin kabin. Dengan melihat hal tersebut, tentunya ada beberapa komponen vital dalam msistem kerja pada AC mobil dan beberapa hal yang dapat menyebabkan terganggunya fungsi AC dan bahkan dapat merusaknya.

IMG_3815

Namun sebelumnya, anda harus mengetahui bagaimana Cara Kerja AC Mobil untuk melakukan perawatan tersebut. pertama – tama, compressor pada AC berguna untuk mendorong refrigerant ke dalam kondensor. Di dalam condenser refrigent akan beruah menjadi cair. Refrigent cair terseut akan menalir melalui filter dan akan menyaring kotoran yang terbawa. Kemudian refrigent akan masuk ke dalam expansion valve dan evaporator dan refrigerant akan berubah dari kabut menjadi gas. Dan terakhir udara tersebut akan keluar melalui kolong AC dan mendinginkan kabin mobil anda. jika anda sudah mengerti mengenai sistem kerja tersebut, maka berikut ini adalah cara merawat AC mobil sendiri yang dapat anda aplikasikan pada AC Mobil anda.

  1. Bersihkan kondensor dari debu dengan cara mencucinya.
  2. Bersihkan juga kabin mobil anda dari debu dan sisa makanan maupun berbagai kototran lainnya. kotoran tersebut dapat tersedot menuju evaporator dan menyebabkan AC kurang dingin serta menyeabkan AC berbau.
  3. Pasanglah filter kabin untuk menyaring debu dan kotoran yang tersedot oleh blower. Periksalah filter kabin tersebut secara berkala untuk membersihkannya dan bila diperlukan menggantinya.
  4. Jika AC mobil anda masih mengunakan extra fan, maka pastikan anda memeriksa putarannya secara rutin.
  5. Saat anda berkendara, jangan terlalu sering membuka jendela untuk mencegah debu serta kotoran masuk ke dalam kabin.
  6. Merokok di dalam mobil saat AC menyala juga dapat menyebabkan kinerja evaporator berkurang. Jadi hindari merokok di dalam mobil.
  7. Untuk mengharumkan ruangan, gunakan parfume khusus untuk mengharumkan mobil.
  8. Pastikan menservice AC mobil anda secara rutin untuk menghindari kerusakan yang parah. Komponen yang telah disebutkan di atas harus di cek secara berkala untuk memeriksa kinerja dan kerusakan yang mungkin terjadi. Dengan egitu anda dapat menghindari kerusakan yang terlalu parah pada AC mobil anda.

Itulah beberapa cara merawat AC mobil sendiri yang dapat anda lakukan. Merawat AC mobil bertujuan untuk menjaga peforma AC mobil tersebut. Anda dapat membayangkan sendiri, bagaimana jika AC mobil anda telah rusak dan tidak berfungsi dengan baik. Tentu perjalanan anda akan terasa tidak nyaman apalagi jika keadaan sedang panas – panasnya dan ditambah jalanan sedang macet.

Untuk menghindari itu semua, Pastikan AC mobil anda berfungsi dengan baik sehingga anda akan tetap nyaman saat berkendara. AC merupakan salah satu komponen yang memudahkan kita serta memberi kenyamanan saat berkendara. Semoga artikel mengenai cara merawat AC mobil sendiri tersebut erguna bagi anda, dan pastikan untuk merawat AC mobil anda dengan baik untuk menjaga kenyamanan anda dalam berkendara.

Tags:

About Author

 
Mohon Tunggu..

Gratis !!! Dapatkan Treatment Cuci AC & Evaporator GRATIS Mobil tanpa persyaratan apapun.

Silahkan isi form di bawah ini: