Cara Mengisi Freon AC mobil - Dokter Mobil
 
Posted by admin Uncategorized

Cara Mengisi Freon AC mobil

Bengkel Mobil – AC mobil merupakan sistem pendingin ruangan atau kabin mobil sehingga udara di dalamnya terasa sejuk. Saat ini dapat dikatakan jika AC merupakan kebutuhan pokok setiap mobil di daerah dengan suhu udara cukup panas seperti di Indonesia. Oleh sebab itulah semua produsen mobil mengaplikasikan AC pada hampir setiap unit mobil yang mereka produksi. Tingkat kenyamanan dalam berkendara merupakan salah satu acuan atau faktor yang sangat diperhatikan oleh para produsen mobil sehingga para pegendara akan merasa puas membeli produk yang mereka tawarkan. Coba saja anda bayangkan jika anda sedang berkendara dengan cuaca yang sangat terik apalagi jika ketika anda terjebak kemacetan yang cukup parah, tentunya hawa panas akan menyiksa anda.

 

freon

Salah satu komponen atau bagian terpenting dalam sistem kerja AC mobil adalah difregerant atau freon. Freon merupakan cairan khusus yang berguna untuk menciptakan hawa sejuk sehingga dapat mendinginkan udara di dalam kabin mobil. Karena berupa cairan yang diuapkan untuk menyejukan ruangan, maka freon sudah pasti akan habis. Biasanya freon habis disebabkan adanya kebocoran yang terjadi pada selang – selang atau pipa – pipa yang menghubungkan beberapa komponen AC mobil. Sebenarnya mengisi freon paling tepat dilakukan oleh orang yang berkompeten dalam masalah AC mobil, namun dalam artikel kali ini Dokter Mobil akan berbagai sedikit mengenai cara mengisi freon mobil jika anda ingin mengisi freon mobil anda sendiri. berikut langkah – langkah yang harus anda lakukan.

Cara Mengisi Freon AC Mobil

Pertama – tama pastikan anda mengamati dan mengecek kinerja beberapa Komponen AC Mobil anda bekerja dengan normal. Beberapa komponen tersebut antara lain Kondensor, Kompresor, Expansion Valve, Evaporator dan fan blower. Teliti dengan betul aliran refrigerant atau freon pada sight glass. Jika anda menemukan gelembung – gelembung pada kaca tersebut, dapat dipastikan jika freon AC mobil anda harus di isi ulang, namun jika anda tidak mendapati gelembung dan hanya ada air mengalir maka freon AC anda cukup dan tidak perlu dilakukan pengisian ulang.

  1. Jika memang freon anda perlu di isi ulang, maka kosongkan terlebih dahulu sisa freon pada AC moil anda. caranya dengan menutup katup manifold gauge lalu hubungkan manifold gauge tersebut dengan selang merah menuju nipel dengan tekanan tinggi dan selang biru pada nipel yang bertekanan rendah serta selang hijau menuju pompa vakum. Bila telah terpasang dengan benar bukalah salah satu katup pada manifold kemudian hidupkan pompa vakum. Amati ukuran yang tertera pada vakum gauge sampai angkanya menunjuk kurang lebih 600mmHg (23,62 inHg; 80 kPa)
  2. Bukalah sisi katup manifold yang satunya supaya vacuum bekerja lebih efisien karena bekerja pada kedua sisinya. Baca kembali angka pada vacuum gauge lalu pastikan sistem tersebut telah bersih dari uap, udara dan air dan angka menunjukan 750 mmHg (29,53 in Hg; 99,98 kPa). Biarkan pompa vakum tetap menyala selama 30 menit. Setelah itu, tutup kedua katup manifold sebelum anda mematikan pompa vacuum. Tunggulah kurang lebih 15 menit dan amati angka pada meteran tersebut, jika terjadi penurunan maka ada kebocoran pada sistem AC mobil anda.

Itulah cara menganti freon pada AC mobil anda. Namun lebih bijak rasanya jika anda mempercayakan pengisian freon mobil anda pada orang yang lebih berkompeten untuk mengatasi masalah kebocoran yang mungkin terjadi.

Nah jadi intinya jika AC Mobil bau Apek, tidak segar, tidak panas sudah pasti masalah ada di Freon nya, Semoga sedikit ulasan tersebut berguna bagi anda, dan selamat mengganti freon AC mobil anda.

Tags:

About Author

 
Mohon Tunggu..

Subscribe Kami dan Dapatkan Info Menarik Lainnya

Kesempatan bagi 100 orang pertama di bulan Maret Gratis Cuci AC Mobil Dokter Mobil memberikan kesempatan terbatas bagi 100 orang pertama pada bulan Maret 2017 untuk mendapatkan Treatment Cuci AC & Evaporator GRATIS Mobil tanpa persyaratan apapun. Promo ini berlaku mulai dari 6 Maret - 31 Maret 2017. Buruan daftar sekarang dengan mengisi form email dibawah ini . SEKARANG !