Posted by Dokter Mobil Car Tuning, Hemat BBM, Tune Up Mobil

7 Cara Mengiritkan Bensin Pada Mobil Manual

Cara Menjadikan Mobil Bertransmisi Manual Lebih Irit dalam Konsumsi Bahan Bakar

Meningkatnya kebutuhan hidup tentu membuat anda harus berpikir keras.  Cara terbaik untuk mengiritkan penggunaan bensin pada mobil namun tetap dapat bepergian ke mana saja.

Ada beberapa cara ampuh yang bisa anda lakukan, di antaranya adalah dengan:

Tune Up Mobil

Pada dasarnya masalah bensin yang boros berasal dari masalah pada beberapa hal seperti:

  • Kinerja mesin yang menurun
  • Saluran pembakaran yang bermasalah

Untuk itu, tune up mobil sangatlah penting untuk memastikan mesin mobil kembali berfungsi dengan layak seperti saat baru dibeli. Ya, kotornya bagian dalam mesin dapat menjadikan kinerja mesin yang lebih berat sehingga membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

Selain sebagai sebuah solusi dan cara mengiritkan bensin pada mobil, tune up juga memastikan saluran bahan bakar agar lebih bersih dan lancar. Dengan demikian, penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Bahan bakar yang tersumbat akan menjadikan mesin mobil ndut-ndutan. Hal tersebut menjadikan tarikan berat dan penggunaan bahan bakar meningkat.

Tingkatkan Efisiensi Kelistrikan Mobil

Bahan bakar yang digunakan di mobil tidak hanya untuk menggerakkan mesin. Bahan bakar seperti bensin pada mobil juga digunakan untuk hal-hal lain seperti:

  • Menyalakan komponen elektronik seperti radio, televisi, sensor parkir, dan lain-lain
  • Menyalakan AC mobil
  • Dan berbagai kebutuhan lainnya

Berdasarkan hal tersebut, ada 2 penyebab mengapa mobil dapat boros BBM, yaitu karena adanya masalah kelistrikan sehingga penggunaan BBM menjadi tidak efisien. Dan satu lagi karena menggunakan perangkat elektronik yang terlalu banyak.

Untuk mengatasi kedua masalah tersebut, cara mengiritkan bensin pada mobil yang dapat anda lakukan adalah dengan memasang Volt Stabilizer.

Volt stabilizer atau alat penstabil kelistrikan mobil adalah sebuah alat yang dapat membantu menjaga mobil agar kelistrikannya tetap stabil. Dengan stabilnya kelistrikan maka penggunaan bahan bakar tidak akan labil.

Selain dengan memasang Volt Stabilizer, anda juga dapat mengiritkan penggunaan bensin pada mobil dengan cara tidak terlalu sering menyalakan AC mobil. Jikapun harus menyalakan AC, sebaiknya tidak menyalakan dalam posisi terlalu dingin.

Setting ECU dengan Piggyback Pro

ECU mobil adalah otak mobil yang mengatur bagaimana efisiensi penggunaan bahan bakar mobil. Namun seringkali ECU ini tersetting tidak sesuai karena:

  • Setting ECU tidak sesuai dengan kondisi kepadatan jalan di Indonesia
  • Setting ECU tidak sesuai untuk penggunaan sehari-hari mobil
  • Setting ECU ada yang error karena satu atau lain hal

Untuk menghemat penggunaan bensin mobil, anda perlu mensetting ECU mobil agar sesuai dengan kebutuhan anda. Salah satu bentuk setting ECU yang telah terbukti dalam meningkatkan performa mobil adalah Piggyback Pro.

Piggybak Pro adalah setting ECU mobil untuk memastikan mobil lebih hemat BBM, mendapatkan peningkatan tenaga mobil, dan memiliki akselerasi yang lebih baik.

Cara-cara lainnya dalam mengiritkan penggunaan bensin pada mobil adalah dengan:

  • Mengurangi Berat Mobil
    Semakin ringan sebuah mobil, penggunaan bahan bakarnyapun akan semakin irit. Oleh sebab itu, anda dapat mengurangi berat mobil dengan cara tidak terlalu sering membawa banyak muatan di dalam mobil.
  • Menjaga Kualitas Ban Mobil
    Kinerja mobil akan semakin berat jika kualitas ban tidak baik. Kualitas ini meliputi apakah ukuran jari-jari ban sesuai dengan mobil, apakah terpompa dengan baik, dan apakah daya cengkram ban masih baik.Jika kondisi ban tidak baik, tarikan mobil akan lebih berat dan mengakibatkan penggunaan bahan bakar harus lebih besar.

Nah itulah beberapa cara mengiritkan bensin pada mobil manual yang bisa anda ikuti. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan kirimkan melalui kotak komentar di bawah ini. Terima kasih.

 

Tags:

About Author