Posted by Dokter Mobil bengkel mobil, Mechanics, Tune Up Mobil

Cara Mencegah dan Mengatasi Busi Mobil Sering Mati dengan Mudah

Penyebab Busi Mati Mendadak dan Cara Mencegahnya

Ketika kondisi busi mobil sering mati namun anda abai, akan muncul masalah lain yang lebih serius. Dan tentu beban biayanya akan sangat besar. Adapun beberapa masalah yang bisa terjadi antara lain adalah:

  • Mogok di Tengah Jalan
    Ketika mobil tiba-tiba tidak bisa dinyalakan, memang menyebalkan. Namun jika mobil tiba-tiba mogok di tengah jalan tol, hal tersebut tentu sangat berbahaya. Oleh sebab itu, kondisi mobil yang stabil dan tahan lama wajib anda dapatkan.
  • Kerusakan Part-Part Lainnya
    Ada banyak kerusakan yang mungkin terjadi akibat busi mobil yang sering atau cepat mati. Nah, busi yang mati merupakan indikator adanya kerusakan pada part mobil.Jika kerusakan ini tidak segera diatasi, part-part lain akan mengalami beban kerja. Akibatnya usia part lainnya akan lebih cepat habis dan rusak.

Nah, untuk mencegah ataupun mengatasi masalah, anda perlu tahu apa saja penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah ini. Oleh sebab itu Dokter Mobil membuat artikel ini. Agar anda mengetahui penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah ini.

Penyebab Busi Mobil Sering Mati dan Solusi Mengatasinya

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab masalah yang sedang anda alami ini. Adapun beberapa penyebabnya tersebut antara lain:

Basahnya Ruang dalam Mesin Karena Kemasukan Oli

Sering disebut dengan istilah “BANJIR”. Masalah ini kerap dialami oleh mobil tua. Namun mobil generasi barupun kerap mengalami masalah ini. Ada beberapa penyebab terjadinya banjir oli di mesin, diantaranya silinder yang aus, kualitas oli yang sudah jelek, atau rusaknya ring/stang seher.

Ciri dari ruang mesin basah bisa dilihat dari asap yang dikeluarkan mobil. Jika asap mobil mengebul, kemungkinan besar memang karena basahnya bagian dalam mesin.

Jika mengalami masalah ini, biasanya perlu dilakukan pengecheckan. Jika diperlukan penggantian part, biasanya dibarengi dengan turun setengah mesin. Namun tentunya turun setengah mesin lebih baik ketimbang terus-terusan ganti busi.

Terjadinya Korsleting di Jalur Pengapian

Busi mobil akan lebih cepat rusak atau mati jika jalur pengapian mengalami korsleting. Tidak hanya busi mati, kadang-kadang bisa berupa masalah lainnya.

Masalah lainya yang dimaksud antara lain mobil ngadat atau seperti sengal-sengal, dan mobil kurang tenaga.

Untuk mengatasi masalah ini, bisa dilakukan pengecheckan dan mencari kabel yang bermasalah. Entah itu copot, putus, terbakar, atau terkelupas. 

Masalah di Saluran Konsumsi BBM

Salah satu penyebab lain busi mobil cepat mati adalah adanya hisapan bensin yang berlebih. Akibatnya, karburator menjadi banjir. Hal ini menyebabkan busi pun basah dan cepat mati.

Mengganti busi merupakan cara yang baik untuk mengatasi masalah ini. Namun andapun wajib mencari tahu penyebab mengapa penghisapan BBM (bensin) berlebihan di mobil anda.

Anda Menggunakan Busi Mobil Berkualitas Jelek

Alasan lain busi anda cepat sekali harus diganti adalah karena anda membeli busi berkualitas jelek. Biasanya terjadi karena busi yang anda pakai merupakan busi bekas, ataupun busi palsu.

Untuk itu, checklah kualitas busi mobil anda. Apakah merupakan busi asli dan berkualitas. Belilah busi di bengkel mobil yang memang terpercaya.

Ini sebab dan solusi mengatasi Busi Mobil yang Sering Mati Mendadak
Ini sebab dan solusi mengatasi Busi Mobil yang Sering Mati Mendadak
Dokter Mobil

Untuk anda yang ingin mendapatkan busi iridium berkualitas terbaik, ataupun ingin mengatasi masalah-masalah penyebab busi cepat mati, silahkan menghubungi Dokter Mobil.

Anda dapat menghubungi Dokter Mobil di salah satu alamat berikut ini:

KELAPA GADING CIBUBUR
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Telp (021) 2245 4429 Jl. Alternatif Km 4
Chelsea : 087787133366 ☏ 085817653292
   
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
blok Orange no.5, Gading Serpong (Dekat Pintu Tol Becakayu)
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887 | WA : 087887589899

Nah itulah beberapa informasi mengenai penyebab, cara mencegah, dan cara mengatasi masalah busi mobil sering mati. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tags:

About Author