Posted by Dokter Mobil Mesin, tenaga mobil

Cara Setting untuk Bikin Irit Mobil Injeksi dengan Cepat dan Mudah

Cara Mudah Membuat Mobil Injeksi Jauh Lebih Irit dalam Konsumsi Bahan Bakar

Tidak mudah untuk bikin irit mobil dengan sistem injeksi karena membutuhkan banyak peralatan canggih. Ya, ini karena untuk memodifikasi sistemnya diperlukan alat yang mampu untuk memprogram ulang ECU mobil.

Cara Sederhana Bikin Irit Mobil Injeksi tanpa Setting

Namun tentu saja melakukannya bukanlah perkara mustahil. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan, diantaranya:

Kurangi Beban Mobil

Semakin berat beban pada sebuah mobil, semakin tinggi konsumsi bahan bakarnya. Untuk menjadikan konsumsi sebuah mobil jadi lebih irit, anda dapat mengurangi beban dengan cara:

  • Tidak membawa penumpang melebihi kapasitas yang telah ditentukan
  • Tidak membawa barang-barang terlalu banyak

Namun jika kebetulan anda ingin bepergian dengan banyak penumpang dan ingin lebih irit, silahkan ikuti langkah selanjutnya.

Hindari Jalur Macet

Jalur macet akan memberikan beban bahan bakar pada mobil anda. Apalagi jika bawaan anda berat. Dengan memilih jalur yang jauh lebih lancar, anda dapat menghemat penggunaan bahan bakar. Walaupun jalur yang dipilih sedikit lebih jauh, namun penggunaan bahan bakar akan lebih hemat.

Untuk dapat mengetahui titik-titik kemacetan, anda dapat mengaktivkan beberapa aplikasi yang tersedia di smartphone.

Gunakan Ban Mobil dengan Ukuran yang Tepat

Menggunakan ban mobil yang terlalu besar, ataupun terlalu kecil akan menyebabkan meningkatnya tenaga yang dibutuhkan oleh mesin. Semakin besar tenaga yang dibutuhkan, semakin besar pula konsumsi BBM nya.

Untuk anda pemilik mobil injeksi, anda dapat mencoba bikin irit mobil injeksi dengan memilihkan ban yang tepat. Tidak hanya soal ukuran namun juga beberapa kriteria lain seperti:

  • Jenis permukaan ban, apakah bergrip atau tidak
  • Tingkat kelenturan ban, apakah ban keras, lunak, atau menengah

Dengan memperhatikan masalah ban, anda dapat menghemat 5 hingga 10% penggunaan bahan bakar.

Penyebab Mobil Injeksi Boros BBM

Setelah membahas cara membuat irit dari sisi teoritis, mari kita berlanjut pada sisi teknologi. Pada dasarnya mobil injeksi akan mengalami boros BBM karena hal-hal seperti:

  • Mesin Mobil yang Tidak Dapat Berfungsi Optimal
    Ada cukup banyak alasan mengapa hal ini bisa terjadi. Di antaranya mesin yang mengalami overheating karena air coolantnya tidak mampu mendinginkan mesin. Bisa juga karena oli mesinnya sudah lama tidak diganti.Namun penyebab yang paling sering menyebabkan mobil injeksi boros BBM adalah karena adanya kerak karbon pada mesin mobil. Masalah ini dapat diselesaikan dengan melakukan tune up Carbon Clean.
  • Setting ECU Mobil yang Kurang Tepat
    Sistem kerja ECU dengan format yang tidak pass akan menyebabkan penggunaan bahan bakar tidak semestinya. Oleh sebab itu, anda perlu sesekali melakukan scan ECU untuk melihat apakah setting ECU anda baik-baik saja.Penyebab setting ECU sering bermasalah adalah karena seringnya menggonta ganti aki mobil. Untuk melakukan setting peningkatan performa mobil, anda dapat mencoba Piggyback Pro.
  • Sistem kelistrikan mobil yang kurang stabil
    Ketidak stabilan sistem kelistrikan pada mobil dapat menyebabkan naik turunnya arus. Hal ini menyebabkan mesin berusaha menstabilkan keadaan dengan cara menyesuaikan putaran yang dihasilkan mesin.Akibat ketidakstabilan ini, mesin mobil akan bekerja lebih berat dan akan mengkonsumsi BBM dalam jumlah yang lebih berat. Untuk anda pemilik mobil injeksi yang ingin membuat mobilnya lebih irit, dapat mencoba menggunakan Volt Stabilizer.

    Ada cukup banyak merk dan jenis Volt Stabilizer yang dijual di pasaran. Anda dapat mencoba salah satu yang direkomendasikan oleh komunitas mobil. Beberapa dari jenis Volt Stabilizer itu di antaranya adalah JS One dan R-Project.

Nah itulah beberapa jawaban mengenai cara bikin irit mobil injeksi bensin maupun diesel yang bisa anda coba. Jika ada hal-hal yang ingin anda tanyakan, silahkan tanyakan pada kolom komentar di bawah ini.

 

Tags:

About Author