Posted by admin Uncategorized

Bagaimana Bisa AC Mobil Keluar Asap?

Bagaimana Bisa AC Mobil Keluar Asap? – AC pada mobil saat ini menjadi kebutuhan yang pokok dimana AC memberikan kenyamanan saat berkendara, tetapi AC juga menjadi kendala kenyamanan pada saat terjadi masalah dan salah satunya adalah AC mobil keluar asap. Keluarnya asap dari AC mobil kita menjadi salah satu hal yang mengejutkan pada awalnya. Banyak pengendara mobil yang mengalami hal demikian dan kaget jika saja terjadi konslet listrik yang menghasilkan asap yang keluar dari AC. Namun, tidak perlu khawatir, memang terkadang masalah AC di mobil demikian dimana ada asap yang keluar. Masalahnya adalah pada evaporator yang mana adalah salah satu komponen penting dalam instalasi AC mobilEvaporator yang kotor menjadi penyebab keluarnya asap dari AC mobil kita dimana terjadi gumpalan es pada evaporator dikarenakan tersumbatnya saluran yang seharusnya mengeluarkan udara dingin oleh kotoran dan debu.

Baca Juga : Beberapa hal tentang ac mobil hidup terus

Masalah tentang AC mobil keluar asap hendaknya segera diperbaiki karena hal yang kecil yang mengganggu, jika tidak cepat diselesaikan, ini akan menumpuk dan bisa saja menimbulkan masalah baru. Salah satu masalah baru yang bisa ditimbulkan karena tidak dibersihkannya komponen evaporator pada instalasi AC mobil adalah asap yang berbau. Hal ini disebabkan oleh kotornya evaporator yang merambat ke bagian grill. Uap udara yang berbau tidak enak sangat mengganggu pada saat kita berkendara. Untuk itu, pembersihan grill dan evaporator hendaknya dilakukan secara teratur. Jangan sampai menunggu evaporator tersumbat baru kita melakukan tindakan pembersihan. Perawatan yang baik akan membuat AC kita lebih awet dan tahan lama.

images

Freon, Merupakan salah satu penunjang atau bahan pendingin udara yang wajib ada pada saat proses pendinginan oleh AC Mobil. AC mobil keluar asap juga bisa dikarenakan oleh bocornya Freon. Untuk itu, kita juga harus selalu mengecek Freon mobil kita. Kekurangan Freon juga bisa mengakibatkan ketidak nyamanan pada saat berkendara. Bayangkan saja jika kita berkendara dengan menyalakan AC namun udara yang dikeluarkan AC adalah udara yang bersuhu hangat. Ini mungkin sangat pas pada saat musim dingin. Tetapi, pada saat suhu udara sangat panas, ini justru akan menjadi masalah yang membebani kita saat berkendara. So, pastikan Freon mobil kita tidak habis pada saat akan berpergian kemanapun itu.

 

Sebaliknya, anda juga perlu khawatir jika AC mobil keluar asap terjadi terus terusan. Hal ini mungkin saja tidak terjadi karena masalah yang terjadi akibat terjadinya arus pendek pada bagian kabin mobil. Jadi, langkah yang paling baik pada saat menemui masalah seperti ini adalah mematikan mesin mobil dan langsun mengecek apa yang terjadi pada mesin. Jika mesin tidak terjadi masalah apa apa, anda bisa menggunakan kembali mobil anda.

Artikel Lainnya : Masalah AC Mobil yang sering terjadi

 

Untuk merasakan kenyamanan terutama dari AC mobil, lebih baik jika kita merawat AC mobil kita dengan baik. Kita bisa merawatnya dengan teratur mengecek dan membersihkan komponen yang kotor. Juga, kita bisa mengisi Freon untuk AC mobil kita. Jangan sampai kita menelantarkan AC mobil kita tidak terawat dengan baik karena ini akan menyebabkan masalah baru yang mungkin lebih tidak membuat kita nyaman saat berkendara menggunakan mobil. Lebih aman lagi, dalam merawat AC maupun bagian lain dari mobil kita, kita bisa membawa ke bengkel mobil yang sudah dipercaya. Teknisi yang handal akan lebih mengerti bagaimana cara merawat mobil kita. Sekian tentang AC mobil keluar asap, semoga bermanfaat.

Dokter Mobil
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

 

 

Tags:

About Author