Posted by Dokter Mobil bengkel mobil, tenaga mobil, Tune Up Mobil

Penyebab Aki Mobil Tiba Tiba Tekor dan Cepat Sekali Habis

Penyebab dan Solusi untuk Masalah Aki Mobil Boros secara Tiba-Tiba

Kerugian akibat seringnya aki mobil tiba tiba tekor tidak bisa dipandang remeh. Bukan saja soal finansial, namun resiko kerusakan yang lebih parah. Sebut saja potensi mobil mogok di tengah jalan.

Untuk mencegah terjadinya hal merugikan tersebut, sangat penting bagi anda untuk:

  • Mencari tahu penyebab terjadinya masalah ini
  • Mengetahui cara mengatasi/memperbaiki masalah ini
  • Memahami hal-hal yang harus dilakukan untuk mencegah hal ini kembali terjadi.

Untuk itu, mari kita mulai dengan mencari tahu penyebab aki mobil yang tiba-tiba cepat habis (tekor). Selamat  membaca.

Penyebab Aki Mobil Tiba Tiba Tekor

Begitu banyaknya keluhan aki mobil yang tekor secara tiba-tiba sudah seharusnya membuat anda waspada. Sangat penting untuk mencari tahu penyebab dan cara mengatasi aki mobil tekor tiba-tiba.

Di antara sekian banyak faktor penyebab, namun umumnya terjadi karena alasan seperti:

  • Terlalu Banyak Memasang Perangkat Elektronik di Mobil

    Perangkat elektronik menggunakan aliran listrik untuk menyala. Besarnya kebutuhan akan pasokan listrik dapat menyebabkan aki mobil lebih cepat habis.Untuk itu, sangat penting bagi anda untuk memilih perangkat elektronik yang benar-benar diperlukan di dalam mobil. Tidak perlu tergoda untuk memasang perangkat yang anda sendiri tidak terlalu membutuhkannya hanya sekedar untuk “tampil keren”.

  • Menggunakan AC Mobil Terlalu Sering dan Dalam Posisi Paling Dingin

    AC mobil adalah perangkat yang paling banyak mengkonsumsi kelistrikan mobil. Jika anda terlalu sering menggunakan AC mobil dalam kedinginan maksimal, aki mobil akan lebih cepat tekor.Untuk itu, sangat baik jika anda sesekali mematikan AC mobil. Dan tidak terlalu sering menyalakan AC mobil di posisi maksimalnya.

  • Kualitas Aki Mobil yang Jelek

    Kesalahan dalam memilih aki mobil juga dapat menjadi salah satu penyebab. Untuk itu, anda perlu mencari tahu hal-hal mendetail seperti aki mobil apa yang memiliki kualitas baik, dan cocok dengan mobil anda.Aki mahal memang belum tentu bagus, namun jangan sampai anda tergoda membeli aki hanya karena harganya yang murah.

  • Kesalahan dalam Menyalakan Mesin

    Aki mobil juga dapat lebih sering tekor karena anda salah dalam menyalakan mesin. Kesalahan tersebut antara lain sering menyalakan AC mobil ketika posisi mesin mati.Ada juga kesalahan di mana anda meninggalkan mobil di parkiran tanpa mematikan komponen elektronik yang memakan banyak daya. Sebut saja AC mobil, TV portabel, dan MP4 mobil.

  • Kerusakan pada Komponen Mobil

    Adanya kerusakan juga dapat menjadi penyebab aki mobil tiba tiba tekor dan cepat habis. Adapun beberapa komponen tersebut meliputi:Alternator Mobil
    Biasanya terjadi disfungsi alternator mobil karena puly tidak berputar. Hal ini menyebabkan tidak adanya energi yang masuk / tersuplay.

    Korsleting
    Korsleting juga mengakibatkan aki mobil bermasalah. Karena daya yang keluar tidak terkontrol. Oleh sebab itu, mengecheck ada tidaknya kabel yang bermasalah (terbakar, putus, dsbnya) perlu untuk dilakukan.

Nah, itulah beberapa penyebab cepat habis/tekornya aki pada mobil anda. Sebenarnya masih banyak sebab-sebab lainnya, namun biasanya hal-hal di atas lah yang jadi sumber masalah.

Untuk mengatasi penyebab masalah ini, anda harus tahu cara mengatasi dan mencegah terjadinya hal ini.

Solusi Mengatasi Aki Mobil yang Sering Mendadak Habis 

Untuk mengatasi hal ini, beberapa hal bisa kamu lakukan. Dan umumnya langkah ini adalah yang biasa dilakukan bengkel mobil. Langkah tersebut antara lain:

  1. Check Volume Air Aki Mobil
    Posisi air aki sebaiknya ada di antara garis Lower dan Upper. Jika berada di bawah garis lower, artinya aki kering.Untuk mengatasi aki kering, anda dapat menambah air aki. Lalu mengisi ulang daya aki.
  2. Ganti dengan Aki Mobil yang Lebih Baik
    Ada aki mobil yang kurang cocok dengan mobil anda. Oleh sebab itu, anda perlu mengganti aki mobil yang lebih berkualitas. Pilihlah aki mobil asli dan memang terbukti kualitasnya.Namun sebaik apapun kualitas aki mobil, sangat penting bagi anda untuk selalu mengecheck kondisi air aki untuk tetap berada di antara Upper dan Lower.
  3. Gunakan Volt Stabilizer
    Volt stabilizer atau penstabil kelistrikan akan sangat bermanfaat mencegah dan mengatasi aki mobil yang sering tiba-tiba tekor. Dengan kestabilan kelistrikan, tidak ada daya yang terbuang sia-sia.Namun anda tidak boleh memilih sembarang volt stabilizer. Pilihlah volt stabilizer yang memiliki kualitas baik. Dengan demikian, perangkat elektronik anda tetap aman.JS One adalah salah satu volt stabilizer terbaik yang bisa anda pilih. Alat ini tidak hanya dapat menstabilkan kelistrikan, namun juga memastikan peningkatan tenaga mobil, akselerasi dan kecepatan, dan dapat menghemat penggunaan BBM pada mobil.
Ini sebab dan solusi mengatasi Busi Mobil yang Sering Mati Mendadak
Ini sebab dan solusi mengatasi Busi Mobil yang Sering Mati Mendadak
Dokter Mobil

Jika anda membutuhkan JS One, anda dapat membeli dan memasangnya di Dokter Mobil. Silahkan kunjungi salah satu cabang Dokter Mobil berikut ini:

KELAPA GADING CIBUBUR
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Telp (021) 2245 4429 Jl. Alternatif Km 4
Chelsea : 087787133366 ☏ 085817653292
   
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
blok Orange no.5, Gading Serpong (Dekat Pintu Tol Becakayu)
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887 | WA : 087887589899

Demikianlah informasi yang bisa kami bagi mengenai sebab dan solusi mengatasi aki mobil tiba tiba tekor. Semoga bermanfaat. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami melalui kontak WA di atas, atau melalui kolom komentar di bawah ini.

Tags:

About Author