Posted by Dokter Mobil bengkel mobil, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Solusinya

Ada beberapa penyebab AC mobil tidak dingin sehingga perjalanan menjadi kurang menyenangkan. Cari tahu mengapa masalah ini sampai terjadi. Inilah beberapa solusi terbaik yang bisa dilakukan.

AC mobil tentunya tidak bisa bertahan selamanya karena mengandung Freon yang dapat habis ataupun kerusakan pada sistem tergantung kualitas serta penggunaannya. Biasanya, AC mobil tidak dingin akan mulai terasa jika dinyalakan disiang hari ketika cuaca sedang panas-panasnya. Penyebab AC mobil tidak berjalan semestinya tentunya beragam.

Keberagaman penyebab kerusakan AC mobil bisa diperbaiki oleh anda sendiri. Tentunya, menggunakan mobil dengan AC yang tidak berjalan dengan baik membuat penumpangnya merasa tidak nyaman. Jadi, jika anda merasa AC sudah tidak berjalan semestinya segeralah cari tahu penyebabnya dan cara memperbaikinya dengan penjelasan berikut.

Penyebab AC Mobil tidak Dingin

Ada banyak penyebab AC mobil kurang dingin atau bahkan tidak dingin sama sekali. Mencari sumber masalah ini sangat penting. Ketemu sumber masalah, anda langsung tahu apa yang harus diperbaiki.

Adapun beberapa penyebab munculnya masalah ini antara lain adalah:

Kehabisan Freon

Freon merupakan kandungan pada AC yang berfungsi untuk menghasilkan udara dingin. AC yang sudah dipakai dalam waktu lama, biasanya dapat membuat Freon berkurang kandungannya. Freon juga bisa habis karena suatu kebocoran pada sistem AC. Disamping itu, penggunaan AC yang boros juga bisa mempengaruhi kandungan Freon pada AC.

isi ulang freon AC mobil dapat menjadi solusi mengatasi AC mobil yang tidak dingin lagi
isi ulang freon AC mobil dapat menjadi solusi mengatasi AC mobil yang tidak dingin lagi

Cara memperbaiki penyebab tersebut dengan menambah kandungan Freon kembali. Jika anda sudah menambahkan kandungan Freon, perhatikan penggunaan AC pada perjalanan anda. Hal ini akan membuat AC pada mobil bertahan lebih lama, dan menghemat pengeluaran anda untuk tidak memperbaiki AC lagi.

Radiator yang Kotor

Debu ataupun kotoran lainnya merupakan sumber masalah yang sering menjadi penyebab kondensor serta radiator tidak berfungsi semestinya. Hal ini disebabkan karena radiator dan kondensor dalam keadaan kotor akibat debu, sehingga membuat mesin mudah rusak. Hal ini akan berpengaruh kepada berjalannya kinerja AC.

radiator yang kotor dapat menyebabkan karat yang merembet ke kompresor AC
radiator yang kotor dapat menyebabkan karat yang merembet ke kompresor AC

AC pada mobil akan mudah berkarat sehingga menyebabkan proses pertukaran udara panas menjadi kurang maksimal. Hal ini juga akan membuat kandungan Freon pada AC menjadi mudah berkurang, sehingga membutuhkan kandungan Freon yang lebih tinggi. Cara memperbaikinya adalah dengan mencegah debu masuk ke mesin, bersihkan radiator sesering mungkin.

Evaporator yang Kotor

AC mobil tidak dingin dapat disebabkan oleh debu yang menempel di blower ataupun evaporator. Debu yang menempel pada permukaannya akan menumpuk dan membuat aliran udara menjadi terputus. Sumbatan ini akan mempengaruhi kualitas angin yang dihasilkan oleh AC menjadi tidak kencang dan berjalan maksimal.

evaporator kotor menjadi salah satu penyebab umum AC mobil tidak dingin
evaporator kotor menjadi salah satu penyebab umum AC mobil tidak dingin

Cara memperbaikinya adalah dengan membersihkan evaporator yang kotor dari debu untuk meminimalisir blower tersumbat. Hal ini lebih baik dilakukan sesering mungkin untuk merawat AC mobil dan menjaga kualitas udaranya supaya tetap sejuk. Jika AC berjalan semestinya, penumpang dan pengemudi akan merasa nyaman karena udara sejuknya.

Jumlah Penumpang

Siapa sangka jumlah penumpang pada mobil mampu mempengaruhi terhadap rasa dinginnya AC. Mobil yang kebanyakan penumpang biasanya akan membuat kemampuan AC berjalan tidak maksimal. Hal ini disebabkan karena kuota udara dalam mobil terbatas, jika penumpangnya banyak otomatis udaranya akan terkesan limited.

kelebihan penumpang dapat menyebabkan udara di dalam mobil terasa gerah meskipun AC mobil sudah maksimal
kelebihan penumpang menyebabkan di dalam mobil terasa gerah 

Demi menanggulangi hal ini, pastikan untuk membatasi jumlah penumpang pada perjalanan anda. Hal ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan berkendara, sehingga AC mobil dapat berjalan maksimal dan perjalanan akan terasa lebih nyaman. Kenyaman tentunya bisa diciptakan dengan mematuhi aturan batasan penumpang pada mobil.

Cooling Fan yang Rusak

Cooling fan merupakan bagian penting untuk AC mobil. Cooling fan mampu membuat kondensor membuang udara sejuk pada AC mobil. Jika cooling fan tidak berjalan semestinya maka kondensor tidak bisa mengeluarkan udara sejuk, sehingga AC mobil tidak dingin.

cooling fan ac mobil yang rusak dapat menyebabkan masalah pada kompresor
cooling fan ac mobil yang rusak dapat menyebabkan masalah pada kompresor

Hindari kerusakan cooling fan dengan mengecek kinerjanya secara rutin.

Dokter Mobil

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi AC mobil yang tiba-tiba tidak dingin lagi. Jika anda membutuhkan bantuan profesional dalam menangani masalah ini, silahkan menghubungi Dokter Mobil.

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil yang berfokus menangani berbagai masalah AC. Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Dokter Mobil antara lain adalah:

  • Mekanik yang Handal
  • Peralatan service yang lengkap dan canggih
  • Garansi service, tidak dingin uang kembali

Silahkan menghubungi kami untuk setiap masalah mobil anda di cabang Dokter Mobil yang terdekat dengan anda:

KELAPA GADING CIBUBUR SERPONG BEKASI
Jalan Boulevard Raya Kawasan Niaga Citra Gran RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya,
Blok QJ1 No.17 Blok R6 No 6 blok Orange no.5 Depan Pintu Tol Ramp Off
Kelapa Gading Jl. Alternatif Km 4 Gading Serpong Tol Becakkayu – Pondok Kelapa
☏ (021) 2245 4429 ☏ 085817653292 ☏ 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887
WA : 087787133366 WA : 085817653292 WA : 0813-1991-2289 WA : 087887589899

Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya.

Tags:

About Author