Posted by Dokter Mobil AC, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Penyebab dan Solusi AC Mobil Panas Hanya Keluar Angin

penyebab ac mobil panas dan solusi mengatasinya

Perjalanan akan terganggu jika AC mobil panas dan hanya keluar angin. Masalah ini dapat dicegah dan diatasi. Berikut ini solusi terbaik yang dapat anda lakukan.

AC mobil merupakan komponen yang sangat penting karena dapat memberikan kenyamanan ketika berkendara terutama disiang hari. Keberadaan AC yang bekerja ideal membuat suhu udara kabin mobil menjadi sejuk dan menyegarkan. Namun kadang tiba-tiba AC mobil panas dan menjadi tidak dingin. Hal ini tentunya harus mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kerusakannya.

Usia komponen AC mobil bisa berpengaruh terhadap kinerjanya. Hal ini bisa disebabkan karena pemakaian dan perawatannya. Jika terlalu sering menggunakan AC makan komponennya pun bisa cepat mendapatkan masalah. Hal ini juga bisa dihindari dengan merawat AC secara rutin. Berikut ini merupakan masalah pada AC mobil dan penangannya secara tepat.

Penyebab AC Mobil Panas dan Solusinya

  1. Masalah pada Magnetic Clucth

    AC yang tiba-tiba panas ketika dinyalakan bisa disebabkan oleh kerusakan Pada magnetic clutch. Ciri kerusakannya bisa dilihat dari AC mobil yang asal mulanya dingin tiba-tiba menjadi panas ketika berada ditengah kemACetan. AC mobil bisa dingin kembali ketika kendaraan tersebut melaju dari kemacetan.

    Hal tersebut disebabkan karena bagian diode magnet melemah serta terkena hawa yang panas berlebih pada saat kondisi macet. Masalah ini membuat komponen AC mati sementara. Penanganan yang tepat untuk masalah ini adalah dengan memberikan sirkulasi udara berlebih pada mobil. Jika masalah masih terjadi lakukan konsultasi dan perbaikan AC mobil.

  2. Cooling Fan yang Tidak Berfungsi

    Jika cooling fan tidak berfungsi maka proses pembuangan panas pada kondesor mengalami kemacetan. Hal ini bisa membuat kondesor menjadi overheat atau menghasilkan panas berlebih. Masalah ini bisa berimbas pada kinerja kompresor karena mengalami penurunan. Cara mendeteksinya dengan melihat kinerja cooling fan pada saat mobil berhenti.

    Cooling fan ini merupakan bagian yang vital pada mobil. Maka anda harus segera melakukan perbaikan jika cooling fan mengalami masalah tersebut. Jika ditunda terus menerus maka kerusakan akan bertambah dan mengurangi kenyamanan ketika berkendara. Cooling fan yang berfungsi dengan baik akan menghasilkan kinerja mesin ideal serta memberikan kesejukan.

  3. Kadar Freon yang Berlebihan

    Jika AC mobil panas tiba-tiba bisa menjadi indikasi bahwa freon habis, begitupun sebaliknya jika freon berlebihan maka akan menghasilkan suhu udara yang panas. Hal ini disebabkan karena tekanan sistem meninggi serta overheat. Masalah ini bisa menyebabkan kompresos menjadi kepanasan. Jika overheat dalam keadaan parah bisa jadi kompresor langsung mati total.

    Masalah ini bisa diatasi dengan melakukan flushing AC mobil dibengkel. Flushing mampu menambah ataupun mereset ulang kadar freon pada AC mobil. Kadar freon yang tepat pada AC mobil mampu mengembalikan kinerja sistemnya menjadi ideal kembali. Hasilnya mobil anda bisa kembali segar dengan AC yang sehat tanpa kerusakan.

  4. Evaporator yang Tidak Terawat

    Evaporator idealnya harus dibersihkan secara rutin untuk menghindari kotoran dan debu yang masuk serta mengendap didalamnya. Jika evaporator dipenuhi kotoran dan debu maka akan menghasilkan karatan serta menurunnya sistem kerja evaporator. Hal ini bisa menyebabkan aliran angin yang masuk pada mobil akan terhambat.

    Cara mengatasi masalah ini dengan menjaga kebersihan evaporator. Bersihkan evaporator secara rutin demi menghilangkan kotoran yang mengendap didalamnya. Pastikan juga untuk menutup jendela pada saat berkendara karena bisa mengurangi kotoran yang masuk dan mengendap di evaporator.

  5. Kebocoran pada Sistem AC Mobil

    Masalah AC mobil yang mengeluarkan hawa panas ini bisa disebabkan karena masalah kebocoran pada sistemnya. Kebocoran ini biasanya terjadi pada bagian kondensor ataupun evaporator. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan fatal jika tidak ditindak lanjut dengan tepat.

    Pastikan untuk melakukan perawatan dan perbaikan secara rutin untuk meminimalisir kerusakan pada komponen AC mobil.

Dokter Mobil

Dapatkan service AC mobil secara profesional dan bergaransi. Dokter Mobil memberikan garansi service uang kembali 100% jika AC mobil anda tidak dingin sesuai yang anda harapkan.

Silahkan kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat di bawah ini:

KELAPA GADING CIBUBUR SERPONG BEKASI
Jalan Boulevard Raya Kawasan Niaga Citra Gran RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya,
Blok QJ1 No.17 Blok R6 No 6 blok Orange no.5 Depan Pintu Tol Ramp Off
Kelapa Gading Jl. Alternatif Km 4 Gading Serpong Tol Becakkayu – Pondok Kelapa
☏ (021) 2245 4429 ☏ 085817653292 ☏ 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887
WA : 087787133366 WA : 085817653292 WA : 0813-1991-2289 WA : 087887589899

Apapun mobilnya, AC mobil panas cuma Dokter Mobil bengkelnya.

Tags:

About Author