Ac Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin? Begini Cara Memperbaikinya
 
Posted by admin AC

Ac Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Dokter Mobil – Beberapa Faktor AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin – Jika AC mobil hanya keluar angin, mobil Anda akan menjadi tidak jauh berbeda dari motor. Sebab, Anda hanya dapat mengandalkan angin  untuk mendapatkan kesegaran di dalam ruangan. Belum lagi, jika pada saat Anda tengah berkendara mobil dan AC-nya mati tiba-tiba dan hanya mengeluarkan angin, salah seorang penumpang Anda mengeluarkan rokok dan mulai merokok. Wah, kalau sudah begini lebih baik naik kendaraan lain saja deh.  AC pada mobil Anda selain berfungsi sebagai alat kenyamanan juga berfungsi sebagai alat penjamin kesehatan. Salah satunya ya itu tadi, supaya tidak ada orang merokok dalam mobil Anda.

 Tapi, jika AC mobil hanya keluar angin, bukan kenyamanan yang terjadi. Sebaliknya, Anda malah akan merasa gerah dan terancam karena harus membuka kaca jendela mobil Anda. Saat berkendara dengan mobil, seringkali penumpang di dalamnya merasa tidak nyaman jika kaca jendela mobil dibuka. Nah, jika saat ini AC mobil Anda adalah salah satu yang sedang hanya mengeluarkan angin saja, periksa keadaan mobil Anda siapa tahu ada yang perlu Anda ganti atau perbaiki. Yang jelas, jika AC Mobil Anda hanya keluar angin, pastinya alat yang bekerja di mobil untuk sirkulasi udara di dalam kabin hanya blower AC saja. Namun, perlu diselidiki juga apakah sebenarnya AC keluar hawa dinginnya, hanya saja tidak terasa. Biasanya, AC mobil hanya mengeluarkan angin penyebabnya tidak jauh dari hal-hal di bawah ini.

 baca juga : Harga Service AC Mobil

ac mobil tidak dingin hanya keluar angin
Dokter Mobil – Beberapa Faktor AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin 

 

AC mobil hanya keluar angin penyebab utamanya adalah tidak berputarnya kompresor AC dalam sistem AC mobil untuk mensirkulasi refrigerant. Nah, tidak berputarnya kompresor ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor pertama dan biasanya yang paling sering terjadi adalah mobil Anda kehabisan freon. Freon mobil habis, bisa saja disebabkan kebocoran atau karena habis secara alami. Faktor kedua yang menyebabkan AC hanya mengeluarkan angin adalah rusaknya magnetic clutch pada kompresor AC. Atau, tidak berputarnya puli kompresor AC karena kemacetan pada bearing atau putusnya belt.  Faktor ketiga adalah terlalu lebarnya jarak antara celah center piece pada kompresor AC. Hal ini menyababkan center piece tidak dapat ditarik oleh medan magnet.

 

Faktor keempat adalah rusaknya thermostat atau thermistor AC atau peraba suhu epavorator. Atau, bisa saja ada kerusakan pada relay magnetic clutch mobil Anda. Faktor kelima pada AC mobil hanya keluar angin yang cukup sering ditemui adalah putusnya sekring AC karena short pada magnetic clutch.  Ada juga kerusakan pada pengatur suhu AC pada dashboard, yang seringkali berupa kerusakan pada resistor variable. Khusus pada mobil injeksi, terkadang throttle position sensor (TPS)-nya mengalami kerusakan yang menjadi penyebab tidak berputarnya kompresor AC. Terakhir, seringkali yang menyebabkan kompresor AC tidak dapat berputar dan AC tidak mengeluarkan hawa dingin atau yang sering disebut dengan AC panas adalah temperature yang terlalu tinggi pada mesin mobil. Jadi, jaga selalu kondisi mobil Anda agar mesinnya tidak menjadi terlalu panas. Mesin mobil yang terlalu panas perlu Anda waspadai karena dapat menyebabkan bahaya.

 Artikel Lainnya : Cara Merawat AC Mobil Sendiri

Jadi, setelah melihat beberapa kemungkinan Penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin, yang mana kira-kira yang menyebabkan hanya keluar angin pada AC mobil Anda? Untuk semua perjalanan, AC adalah jaminan kenyamanan Anda dan penumpang. Jadi, pastikan selalu mengecek beberapa onderdil mobil Anda yang berhubungan dengan AC, dan tentu saja bagian mesin mobil lainnya.

Punya masalah seputar AC mobil tidak dingin?  Konsultasikan kepada kami secara cuma-cuma sekarang juga. Hubungi Nomor Berikut ini, Kami siap melayani anda sepenuh hati. 

Dokter Mobil
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Tags:

About Author